Rabu 11 Sep 2024 11:43 WIB

Saat Syiar Nabi Muhammad SAW Terhadap Kerabatnya Menjadi Bahan Pembicaraan

Allah mempertegas dakwah Nabi Muhammad.

Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: republika
Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Di saat syiar Nabi Muhammad ﷺ terhadap kerabatnya menjadi bahan pembicaraan, turunlah wahyu Allah Ta'ala untuk mempertegas misi dakwah Rasulullah ﷺ kepada seluruh masyarakat.

Seperti dikutip dari Sejarah Hidup dan Perjuangan Rasulullah ﷺ disarikan dari kitab Ar-rahiqul Makhtum, ayat tersebut adalah : 

Baca Juga

فَاصْدَعْ بِمَا تُؤْمَرُ وَاَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِيْنَ

 “Maka sampaikanlah olehmu secara.terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik" (QS. al-Hijr ayat 94) 

Maka Rasulullah ﷺ semakin mempertegas misi dakwahnya kepada seluruh masyarakat Mekkah waktu itu. Beliau sampaikan segala borok kesyirikan, hakikat berhala-berhala yang disembah dan nilainya yang rendah. Beliau jelaskan bahwa siapa yang menyembahnya sebagai perantara antara dirinya dengan Allah Ta'ala adalah kesesatan yang nyata. 

Mendengar hal tersebut, meledaklah kemarahan masyarakat Arab. Seruan Tauhid yang dibawa Rasulullah ﷺ, dan pernyataan sesat atas apa yang selama ini mereka perbuat terhadap berhala-berhala mereka, jelas membuat mereka terperangah penuh penolakan. Tak ubahnya bagai kilat yang menyambar, kemudian melahirkan guntur dan getaran hebat di tengah-tengah mereka. 

Sikap mereka tersebut menunjukkan bahwa mereka memahami apa yang ada di balik misi keimanan yang dibawa Rasulullah ﷺ, yaitu menggugurkan semua bentuk penuhanan dan penyembahan yang selama ini telah mereka percaya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement