Rabu 04 Sep 2024 18:52 WIB

Rayuan Kelapa Sambut Paus Fransiskus di Gereja Katedral

Ini kunjungan Apostolik Paus Fransiskus yang ke-45.

Rep: Frederikus D Bata/ Red: A.Syalaby Ichsan
Gereja Katedral menyambut kedatangan Paus Fransisksu
Foto: Frederikus D Bata
Gereja Katedral menyambut kedatangan Paus Fransisksu

REPUBLIKA.CO.ID,Terik mentari terasa menyengat di sekitaran kompleks Gereja Katedral Jakarta, pada Rabu (4/9/2024) petang WIB. Waktu menjelang pukul 17.00 WIB. Riuhan manusia terdengar. 

Di momen itu, Paus Fransiskus memasuki tempat ibadah umat Katolik ini. Di jalanan depan bersebelahan dengan Masjid Istiqlal, penuh dengan lautan manusia. Petugas keamanan sigap berjaga-jaga.

Baca Juga

Paus menumpang mobil Toyota Kijang Innova Zenix. Ia kemudian turun dibantu oleh penjaganya. Seperti pemandangan yang terlihat dalam dua hari terakhir, kepala Negara Vatikan itu lantas memakai kursi roda.

Paus tidak langsung memasuki gereja. Terlebih dahulu, ia menyapa semua  yang hadir di lokasi. Anak-anak memainkan musik sejumlah lagu nasional dari angklung, termasuk Rayuan Pulau Kelapa. 

photo
Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus saat akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/9/2024). Pertemuan Presiden Jokowi dan Paus Fransiskus membahas hubungan bilateral Indonesia dan Vatikan sekaligus membahas isu-isu global, khususnya perdamaian dunia. - (Republika/Edwin Dwi Putranto)

"Viva Il Papa," begitu seruan sekelompok anak-anak lainnya, sambil mengayunkan replika bendera merah-putih dan bendera Vatikan.

Umat yang tadinya berada di seberang jalan, mendekat ke pagar Gereja Katedral. Beberapa sampai berteriak. Ada yang berlinangan air mata.

Awak media sibuk mengabadikan momen. Ada reporter, fotografer, videografer, dan sebagainya. Ada yang menggunakan kamera profesional, beberapa memakai smartphone

Setelah berkeliling, menyapa dan menjabat tangan sejumlah elemen masyarakat, Paus Fransiskus memasuki gereja. Pintu ditutup. Masih ada umat di luar pagar yang menunggu. 

Di dalam gereja, berlangsung pertemuan dan ibadah. Paus kembali menekankan tentang moto kedatangannya ke Indonesia, yakni Faith, Fraternite, Compassion atau iman, persaudaraan, dan bela rasa. Ia berdoa dan berdiskusi dengan para uskup, imam, diakon, orang-orang yang dibaktikan, seminaris dan katekis.

Ini kunjungan Apostolik Paus Fransiskus yang ke-45 sepanjang ia memimpin umat Katolik seluruh dunia. Dalam beberapa hari mendatangi, ia mendatangi kawasan Asia Pasifik. Indonesia menjadi negara pertama yang didatanginya. 

Tepatnya dari tanggal 3-6 September 2024. Sesudah itu ke Paus menuju Port Moresby (Papua Nugini) dan Vanimo dari tanggal 6-9 September 2024.  Berlanjut ke Dili (Timor Leste) dari 9-11 September 2024, dan Singapura dari 11 hingga 13 September 2024.

Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia.. Baca selanjutnya..

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement