Senin 26 Aug 2024 15:45 WIB

Netanyahu Semakin Dibenci, Para Pimpinan Israel Ini Minta Dia Mundur

Barak mengatakan perdana menteri tersebut harus segera dicopot.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri rapat Kabinet di Bible Lands Museum di Yerusalem, 05 Juni 2024.
Foto: EPA-EFE/GIL COHEN-MAGEN / POOL
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri rapat Kabinet di Bible Lands Museum di Yerusalem, 05 Juni 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN — Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dihujani kecaman dari banyak kalangan di internal Israel. Pemimpin Partai Likud tersebut bahkan diminta mundur, termasuk oleh pemimpin oposisi Yair Lapid serta mantan perdana menteri Ehud Barak. 

Sementara itu, pada Senin (25/8), media setempat melaporkan bahwa kabinet koalisi sayap kanan Netanyahu diboikot oleh para pemimpin komunitas  di wilayah-wilayah utara yang diduduki Israel. 

Baca Juga

Yair Lapid pada Sabtu (24/8) kembali menuntut Netanyahu mundur dari jabatannya karena dianggap menghalangi jalan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza serta pertukaran tawanan dengan kelompok Hamas. Lapid mengecam rezim Netanyahu karena bersikeras melanjutkan perang dan mengabaikan nasib para tawanan yang ditahan di Jalur Gaza.“Netanyahu harus pergi; dia harus mundur dari jabatannya pada 8 Oktober," kata Lapid, menegaskan. 

Mantan perdana menteri Israel Ehud Barak memperingatkan akan aksi Netanyahu. Barak mengatakan perdana menteri tersebut harus segera dicopot."Pengendalian poros Philadelphi (perbatasan Gaza dengan Mesir) bukan kepentingan kita," kata Barak.

Ia merujuk pada syarat baru yang diajukan Netanyahu untuk gencatan senjata. Menurut dia, Netanyahu tidak memenuhi syarat untuk memerintah Israel dan telah menyeret mereka ke dalam neraka.

photo
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. - ( EPA-EFE/ABIR SULTAN)

Di sisi lain, kabinet perang bentukan Netanyahu diboikot kepala otoritas lokal di wilayah pendudukan di utara akibat perbuatan militer rezim yang telah memaksa pemukim Zionis meninggalkan wilayah tersebut, demikian dilaporkan media pada Senin. 

"Kami telah memutuskan untuk memboikot kabinet Netanyahu sampai menemukan solusi untuk memulangkan mereka ke rumahnya," demikian pengumuman kepala otoritas setempat, menurut Kantor Berita IRNA yang mengutip laporan media pada Senin pagi.

Para kepala otoritas itu menyatakan memboikot kabinet Netanyahu sampai ada solusi untuk memulangkan para pemukim ke rumah mereka.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement