Selasa 23 Jul 2024 00:01 WIB

Gunung Gede - Pangrango 'Bersalju' dan Hadits tentang Gunung Emas

Gunung Gede dan Pangrango merupakan tanda kebesaran Allah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Puncak Gunung Gede
Foto: BTN GN Gede Pangrango
Puncak Gunung Gede

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gunung Gede dan Pangrango di Kabupaten Bogor Jawa Barat mengalami penurunan suhu yang ekstrem, mencapai nol derajat. Dengan suhu serendah itu, pendaki akan menghadapi tantangan udara yang ekstra dingin.

Tentu saja keadaan itu harus disikapi dengan penuh waspada. Persiapan harus betul-betul cukup, sehingga dapat melewati suhu dingin. Plus perbekalan berupa makanan dan obat-obatan yang cukup, sehingga jika terjadi sesuatu, dapat ditangani dengan baik.

Baca Juga

Area Gunung Gede dan Pangrango memiliki luas 152 km persegi. Ini merupakan kawasan yang sangat luas. Bayangkan jika kawasan seluas itu seluruhnya adalah emas, perhiasan yang mahal. Sungguh luar biasa.

Namun, ketahuilah, Nabi Muhammad menjelaskan, emas sebanyak itu belum tentu bisa memuaskan nafsu manusia. Begini penjelasannya.

Tak pernah merasa cukup

Sifat dasar manusia cenderung tidak pernah merasa cukup atau puas dengan apa yang dimilikinya, meskipun sudah diberikan kekayaan atau kemewahan yang luar biasa. Ini mencerminkan keinginan dan ambisi yang tak terbatas, yang sering kali mendorong manusia untuk selalu mencari lebih banyak, khususnya hal yang bersifat materi. 

 

Wakil Talqin TQN Suryalaya, KH Ali Hanafiah Akbar mengatakan, orang yang sudah berusia di atas 50 tahun tentunya sudah banyak menikmati karunia Allah. Namun, terkadang manusia selalu merasa kurang.

 

Bahkan, menurut dia, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa meskipun diberikan gunung emas, manusia tidak akan pernah puas dengan apa yang dimilikinya. 

 

"Cuma kadang-kadang tidak terasa. Kayaknya kurang saja. Memang tidak pernah cukup. Karena dalilnya Rasulullah sendiri mengatakan, orang punya gunung emas, masih merasa kurang saja. Jadi tidak akan pernah puas, tidak akan pernah cukup," kata Kiai Ali dikutip dari ceramahnya yang diunggah kanal Youtube Sholeh Hidayat, Senin (22/7/2024). 

 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement