Senin 22 Jul 2024 05:58 WIB

Gunung Gede dan Pangrango Membeku, ini Pekerjaan yang Lebih Berat dari Memindahkan Gunung

Gunung Gede dan Pangrango merupakan tanda kebesaran Allah.

Sejumlah kendaraan keluar dari Gerbang Tol Cilandak Utama dengan latar belakang Gunung Gede Pangrango di Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah kendaraan keluar dari Gerbang Tol Cilandak Utama dengan latar belakang Gunung Gede Pangrango di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa hari terakhir kita dihebohkan dengan fenomena Gunung Gede dan Pangrango mengalami penurunan suhu yang mengakibatkan salju turun di sana. Para pendaki yang berada di sana mengalami bagaimana suasana di pagi hari dingin yang luar biasa dan terlihat fenomena es berada di sekitar tenda tempat mereka bermalam.

Fenomena semacam ini menunjukkan para pendaki dua gunung tersebut harus mempersiapkan perbekalan yang ekstra. Bukan sekadar memenuhi kebutuhan makan dan minum, tapi juga pakaian tebal yang dapat melindungi diri dari hawa dingin yang menusuk tulang.

Baca Juga

BACA JUGA: Adidas Coret Bella Hadid dari Iklan Sepatu Usai Dikritik Israel, Netizen Serukan Boikot

Suhu dingin ekstrem dapat menyebabkan hipotermia yang dapat mengganggu detak jantung dan mengakibatkan seseorang kehilangan kesadaran hingga akhirnya kehilangan nyawa.

Proses mendaki gunung yang di puncaknya terdapat suhu ekstrem pastilah penuh dengan tantangan, meskipun hal itu akan mengasyikkan jika dipersiapkan dengan matang. Kemudian mereka yang berhasil menggapai puncak akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa.

Namun terlepas dari proses itu semua terdapat suatu pekerjaan yang sungguh luar biasa berat. Saking beratnya, seorang sahabat Nabi Muhammad yang bernama Zaid bin Tsabit melukiskan bahwa pekerjaan ini sungguh lebih berat dari memindahkan gunung.

Zaid sendiri tentu belum pernah memindahkan gunung dan pastinya dia tidak mampu melakukan itu. Tapi ini ada yang lebih berat dari memindahkan gunung. Perkataan dia selengkapnya adalah sebagai berikut:

وَاللَّهِ لَوْ كَلَّفُونِي نَقْلَ جَبَلٍ مِنْ الْجِبَالِ مَا كَانَ أَثْقَلَ عَلَيَّ مِمَّا أَمَرَنِي بِهِ مِنْ جَمْعِ الْقُرْآنِ

Demi Allah, kalau saya diberi tugas untuk memindahkan sebuah dari banyak gunung sungguh ini tidak lebih berat bagiku dari apa yang diperintahkan kepada saya untuk menulis dan mengumpulkan ayat-ayat Alquran.

Pekerjaan yang lebih berat dari memindahkan gunung adalah menuliskan dan mengumpulkan ayat-ayat Alquran yang berserakan di sisa-sisa kepala para penghafalnya.

Apa maksudnya?

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement