Jumat 12 Jul 2024 18:02 WIB

Rahasia di Balik Pertengahan Alquran

Di pertengahan Alquran, terdapat lafaz 'wal yatalatthaf.'

Rep: Muhyiddin/ Red: Hasanul Rizqa
Ilustrasi Alquran
Foto: pxhere
Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang mulia. Di dalam pertengahan Kalamullah ini terdapat lafaz wal yatalattaf yang dalam berbagai keterangan disebut sebagai "nisfu al-Qur’an." Maknanya, pertengahan Alquran.

Itu terdapat dalam Surah al-Kahfi ayat ke-19. Demikian lengkapnya.

Baca Juga

وَكَذٰلِكَ بَعَثْنٰهُمْ لِيَتَسَاۤءَلُوْا بَيْنَهُمْۗ قَالَ قَاۤىِٕلٌ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْۗ قَالُوْا لَبِثْنَا يَوْمًا اَوْ بَعْضَ يَوْمٍۗ قَالُوْا رَبُّكُمْ اَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْۗ فَابْعَثُوْٓا اَحَدَكُمْ بِوَرِقِكُمْ هٰذِهٖٓ اِلَى الْمَدِيْنَةِ فَلْيَنْظُرْ اَيُّهَآ اَزْكٰى طَعَامًا فَلْيَأْتِكُمْ بِرِزْقٍ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ اَحَدًا

Artinya: "Demikianlah, Kami membangunkan mereka agar saling bertanya di antara mereka (sendiri). Salah seorang di antara mereka berkata, 'Sudah berapa lama kamu berada (di sini)?'

Mereka menjawab, 'Kita berada (di sini) sehari atau setengah hari.' Mereka (yang lain lagi) berkata, 'Tuhanmu lebih mengetahui berapa lama kamu berada (di sini). Maka, utuslah salah seorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini. Hendaklah dia melihat manakah makanan yang lebih baik, lalu membawa sebagian makanan itu untukmu.

Hendaklah pula dia berlaku lemah lembut (وَلْيَتَلَطَّفْ) dan jangan sekali-kali memberitahukan keadaanmu kepada siapa pun.'"

Dalam tradisi tafsir, sejumlah ulama menyebutkan bahwa wal yatalattaf adalah lafaz yang terletak tepat di tengah Alquran. Menukil kitab At Tahrir wa Tanwir, Ibnu ‘Asyur menjelaskan, mayoritas mufasir berpendapat.

Jika ditelisik satu per satu perkataan dalam Alquran bermula dari perkataan “الحمد” di surah al-Fatihah dan berakhir dengan perkataan "الناس” dalam surah an-Nas, maka lafaz “وليتلطف” benar-benar terletak di pertengahan Alquran.

Ibnu 'Asyur juga menyebut beberapa pendapat tentang huruf pertengahan mushaf Alquran. Jumhur ulama menyebut bahwa huruf ta’ dalam lafaz wal yatalattaf adalah pertengahan Alquran.

Kendati demikian, ada juga pendapat lain. Misal, Imam Nawawi berpendapat bahwa pertengahan Alquran adalah huruf nun dalam lafaz nukran di surah al-Kahfi ayat ke-74.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement