Kamis 04 Jul 2024 07:10 WIB

Mengungkap Kebenaran, Dampak Julian Assange Bagi Isu Palestina

Assange berjasa atas bocoran-bocorannya terkait konflik Palestina-Israel

Pendiri Wikileaks Julian Assange
Foto: AP Photo/Matt Dunham
Pendiri Wikileaks Julian Assange

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dibebaskannya pendiri Wikileaks, Julian Assange, pada 26 Juni lalu, setelah hampir hampir tujuh tahun terperangkap di kedutaan Ekuador di London dan 1.901 hari penahanan di penjara Belmarsh disambut positif publik internasional.

Jurnalis Australia tersebut akhirnya mengakhiri pertarungan hukum yang berlangsung selama 14 tahun dengan sebuah kesepakatan pembelaan diri dengan Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS).

Baca Juga

Dikenal internasional sebagai pengungkap kebenaran yang tidak menyenangkan dan tahanan politik Barat, Assange memiliki dampak yang besar di hampir seluruh penjuru dunia, termasuk Dunia Arab. Kabel-kabel sensitif pemerintah yang dirilis oleh Wikileaks dikenal memiliki dampak besar terhadap Dunia Arab secara keseluruhan, sangat penting dalam mempengaruhi wacana Musim Semi Arab 2011 yang dimulai di Tunisia.

Seorang jurnalis pemerhati isu Palestina, Robert Inlakesh dalam artikelnya bertajuk 'Revealer of Inconvenient Truth' di Palestine Chronicle beberapa waktu lalu mengungkapkan jasa Assange atas bocoran-bocoran terkait dengan konflik Palestina-Israel yang  memiliki nilai sangat besar.

Dia pun mengutip analis Palestina Ramzy Baroud bahwa kebebasan Assange merupakan momen penting dalam perjuangan melawan perang, korupsi pemerintah, keserakahan korporasi, dan masih banyak lagi.

 

"Pemenjaraan dan pengepungannya selama bertahun-tahun dimaksudkan untuk menjadi pelajaran bagi kita semua, bahwa ada kekuatan yang jauh lebih kuat daripada dorongan kolektif kita untuk keadilan global, kebebasan, dan transparansi. Namun upaya tersebut telah gagal total, dan kami, yang dipimpin oleh Assange, pasti akan muncul dengan tekad yang lebih kuat untuk melanjutkan perjuangan demi dunia yang setara dan lebih baik,"kata Baroud.

"Sebagai warga Palestina, yang terus-menerus dibungkam oleh pemerintah dan media Barat karena berani menuntut hak-hak kami, dan karena menyerukan pertanggungjawaban atas genosida yang dilakukan Israel di Gaza, perjuangan untuk mendapatkan kebenaran sangat penting bagi kelangsungan hidup kami. Ketika kita merayakan kebebasan Assange, kita harus ingat bahwa ribuan orang Palestina dan aktivis pencari kebenaran di seluruh dunia masih berada di penjara," lanjutnya.

Salah satu dari berbagai kontribusi Wikileaks kepada Palestina adalah kabel-kabel yang berfungsi untuk mengkonfirmasi elemen dari agenda Israel di Jalur Gaza. Kabel ini membantu dalam membentuk pemahaman kita secara keseluruhan mengenai realitas di lapangan saat ini selama serangan genosida yang dilancarkan pemerintah Israel.

Kabel rahasia, dari Maret 2008, mengungkapkan bahwa para diplomat AS telah mengetahui niat Tel Aviv dengan pengepungan komprehensif yang diberlakukan di Jalur Gaza, adalah untuk menjaga agar ekonomi Gaza berfungsi pada tingkat serendah mungkin yang konsisten dengan menghindari krisis kemanusiaan.

Menurut Inlakesh, Apa yang dipelajari dari dokumen-dokumen yang bocor itu adalah sebuah konfirmasi bahwa Israel mengejar strategi yang diuraikan pada tahun 2006 oleh Dov Weisglass, penasihat senior Perdana Menteri Israel pada saat itu, Ehud Olmert. Strategi tersebut berbicara tentang membuat "orang-orang Palestina melakukan diet, tetapi tidak membuat mereka mati kelaparan."

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement