Rabu 03 Jul 2024 18:30 WIB

Gapai Kenikmatan Tobat, ini 3 Hal yang harus Diingat Menurut al-Ghazali

Tobat harus dilakukan untuk meraih kebersihan jiwa dan nikmat ibadah

Tobat (ilustrasi).
Foto:

Seseorang bisa sangat menyesal terhadap sebuah dosa yang ia lakukan, karena dosa itu telah merusak kebaikan dan kehormatannya, dan mungkin telah merugikan secara duniawi.

Penyesalan itu bukanlah tobat, apa yang dimaksud dalam hadis di atas adalah hanya dengan menyesali dosa-dosa maka ia akan bertobat, dan penyesalan itu benar-benar merupakan sifat seorang hamba Allah.

Jika seorang yang bertobat tetap memperhatikan dan mengingat tiga yang harus di ingat saat bertobat, maka rasa sesal akan lahir di hatinya, itu akan mampu mencegah dari perbuatan dosa. Adanya rasa sesal di hati ini akan mengarahkan orang itu kepada sikap selalu memohon dan merendahkan diri di hadapan Allah.

Menyesali dosa merupakan sebab dari lahirnya tobat dan merupakan sifat orang-orang yang bertobat. Itulah mengapa Rasulullah menamakan dengan tobat, pahamilah hal itu agar Allah memberi taufik kepada kamu. Hal ini dijelaskan Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin yang diterjemahkan Abu Hamas As-Sasaky dan diterbitkan Khatulistiwa Press 2013.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement