Senin 01 Jul 2024 13:23 WIB

Bagaimana Merawat Masjid Al Aqsa di Masa Lalu?

Umar bin Khattab memasuki Masjid Al Aqsa dalam keadaan runtuh.

Warga Palestina menghadiri perayaan hari raya Idul Fitri di dekat kuil Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Rabu, (10/4/2024).
Foto:

Pada masa perang Salib, tentara salib Nasrani datang dan menjajah  Al Quds pada tahun 1099 M. Mereka melakukan perusakan terhadap Masjid  Al Aqsha dan mengubah Masjid Kubah Ash Shakhrah sebagai gereja. Mereka juga menjadikan lapangan masjid dan tempat-tempat sholat sebagai kandang kuda dan gudang senjata. Mereka bercokol di Masjid Al Aqsha selama 88 tahun dan meruntuhkan banyak bangunan. 

Selanjutnya panglima Muslim Shalahuddin Al Ayyubi datang pada 1187 M. Ia berhasil mengalahkan tentara salib dan mengusir mereka dari Baitul Maqdis. Ia lantas membersihkan kembali Masjid  Al Aqsha, memperbaikinya, menghilangkan semua benda yang ditaruh tentara salib, sam mengembalikan Masjid Al Aqsha seperti sedia kala. 

Renovasi kembali terjadi pada Daulah Mamluk dan Daulah Utsmaniyah. Daulah Mamluk menaruh perhatian yang besar terhadap Masjid Al Aqsha dalam bentuk menjaganya, memperbaruinya, serta mendirikan bangunan-bangunan baru dan menara-menara adzan. Perhatian yang besar juga datang dari Dualah Utsmaniyah terhadap Masjid  Al Aqsha karena Sultan Sulaiman Al Qanuni membangun pagar-pagar besar yang menutupi seluruh Masjid Al Aqsha. Itulah pagar yang ada saat ini. Mereka juga mendirikan beberapa bangunan, menara adzan, tempat-tempat duduk, pintu-pintu, gerbang-gerbang, madrasah-madrasah, dan lain sebagainya. 

Terkait pemeliharaan Masjid Al Aqsha saat ini di dalam area masjid saat ini terdapat 200 ruang belajar, 10 masjid, beberapa gerbang, dua menara adzan, beberapa madrasah, beberapa lapangan, tempat-tempat adzan, sumur, beberapa kubah, dan tempat-tempat duduk. Manajemen pemeliharaan Masjid  Al Aqsha dipegang oleh Komisi Islam Khusus yang menginduk kepada pemerintah Yordania sejak tahun 1954, dan di bawah pengawasan Kementerian Wakaf Palestina. 

Sumber:

Sejarah dan Keutamaan Masjid  Al Aqsha dan  Al Quds karya Mahdy Saied Rezk Karisem, Penerbit Pustaka Al Kautsar, 2021 halaman 16-17

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement