Senin 01 Jul 2024 06:40 WIB

Tanda Kiamat Budak Melahirkan Tuannya, Apa Maksudnya?

Ada berbagai tafsiran tentang hadis mengenai budak melahirkan tuannya.

Tanda-tanda kiamat (ilustrasi)
Foto: republika
Tanda-tanda kiamat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara berbagai tanda kiamat besar adalah fenomena yang cukup unik, yakni budak melahirkan tuannya. Hal itu diungkapkan dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan Imam Muslim.

Pada suatu ketika, Rasulullah SAW ditanya oleh seorang lelaki--yang belakangan diketahui sebagai Malaikat Jibril dalam wujud manusia.

Baca Juga

عن عمر بن الخطاب رضي الله تعالى عنه قال:... فأخبرني عن الساعة قال: ما المسئول عنها بأعلم من السائل قال : فأخبرني عن أماراتها قال أن تلد الأمة ربتها وأن ترى الحفاة العراة العالة رعاء الشاء يتطاولون في البنيان

"Dari Umar bin Khattab RA, (diriwayatkan bahwa) seorang lelaki bertanya (kepada Nabi SAW), 'Beritahukan kepadaku kapan terjadinya kiamat.'

BACA JUGA: Impor Barang Israel ke Indonesia Melonjak, Pengamat Menduga yang Mengatur Singapura

 

Rasulullah SAW menjawab, 'Yang ditanya tidaklah lebih mengetahui daripada yang bertanya.'

Dia pun bertanya lagi, 'Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya!'

Nabi SAW menjawab, 'Jika budak wanita telah melahirkan tuannya, jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju (miskin papa), serta gembala kambing telah saling berlomba dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi'" (HR Muslim).

Dilansir dari laman Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat menjelaskan, salah satu ciri akan terjadinya hari kiamat adalah jika budak wanita telah melahirkan tuannya. Diakuinya, ucapan yang disampaikan Nabi SAW tersebut agak aneh terdengar, bahkan untuk para ahli hadis sekalipun.

Tentunya lafal ini adalah... Selanjutnya...

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement