Kamis 13 Jun 2024 14:33 WIB

Keutamaan Sholat dan Jadwal Sholat Hari Ini, 13 Juni 2024 di Kota Depok

Siapa yang menegakkan sholat berarti telah menegakkan agama.

Sholat berjamaah di Depok (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Sholat berjamaah di Depok (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang paling fundamental dan esensial dalam kehidupan seorang Muslim. Ia menjadi penghubung langsung antara hamba dengan Tuhannya, memberikan petunjuk, ketenangan, dan kebersihan hati. Sebagaimana yang diterangkan dalam Al-Qur’an, "Dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain)." (QS. Al-Ankabut: 45).

Selain itu, Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berbicara tentang pentingnya sholat. “Sholat adalah tiang agama. Barang siapa yang menegakkannya maka ia menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkannya maka ia telah meruntuhkan agama.” (HR. Bukhari).

Di tengah kesibukan harian, jadwal sholat memberikan ritme dan pengaturan waktu yang disiplin bagi umat Muslim. Berikut adalah jadwal sholat untuk tanggal 13 Juni 2024 di wilayah Depok, zona waktu WIB:

    - Subuh: 04:39

    - Dzuhur: 11:57

    - Ashar: 15:17

    - Maghrib: 17:49

    - Isya: 19:03

Menyediakan waktu untuk menunaikan sholat di tengah padatnya aktivitas bukanlah perkara mudah, terutama bagi mereka yang bekerja di lingkungan yang mungkin tidak kondusif untuk beribadah. Namun, dengan adanya pengingat berupa jadwal sholat sesuai waktu setempat, diharapkan menjadi motivasi tambahan bagi setiap Muslim untuk lebih konsisten dalam menjalankan kewajiban religius tersebut.

Peran sholat sangat besar dalam kehidupan Muslim, tidak hanya sebagai ritual keagamaan tetapi juga sebagai cara untuk mencapai keseimbangan emosional dan spiritual. Saat kita tunduk dan bersujud, kita diingatkan akan kekerdilan kita sebagai mahluk ciptaan dan kebesaran Sang Pencipta.

Mari luangkan waktu sejenak untuk merenungkan betapa pentingnya menjalankan ibadah sholat, dan menjadikan jadwal sholat sebagai patokan dalam mengatur kegiatan harian kita. Semoga kita semua diberi kemudahan dan kekuatan untuk terus menunaikan sholat tepat pada waktunya.

    *Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi*

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement