Selasa 11 Jun 2024 17:09 WIB

Jadwal Sholat Kota Bogor 11 Juni 2024

Sholat lima waktu adalah salah satu tiang agama dalam Islam.

Suasana peresmian Masjid Agung Kota Bogor pada Kamis (28/3/2024).
Foto: Antara/Shabrina Zakaria
Suasana peresmian Masjid Agung Kota Bogor pada Kamis (28/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sholat lima waktu adalah salah satu tiang agama dalam Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap Muslim. Sebagai bentuk ibadah harian, sholat memiliki peran penting dalam menjaga kedekatan seorang Mukmin dengan Allah SWT, serta mendorong disiplin dan keteraturan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang terkandung dalam firman Allah SWT dalam Surat An-Nisa ayat 103:

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."_

 

Untuk umat Muslim di Kota Bogor dan sekitarnya, berikut kami sajikan jadwal sholat untuk hari ini, 11 Juni 2024 dalam waktu Indonesia Barat (WIB):

- Shubuh: 04:39

- Dhuhur: 11:56

- Ashar: 15:17

- Maghrib: 17:48

- Isya: 19:02

Selain Al-Qur'an, Rasulullah SAW juga menekankan pentingnya menjaga sholat tepat waktu melalui berbagai hadis. Salah satunya, dari riwayat Al-Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barangsiapa yang memelihara sholat, niscaya Allah akan memelihara agama dan urusannya. Barangsiapa yang mengabaikan sholat, niscaya ia akan lebih mengabaikan hal lain dari urusan hidupnya."

Hadits tersebut menegaskan bahwa menjaga sholat adalah kunci untuk melestarikan ajaran agama dan kesejahteraan hidup secara menyeluruh. Inilah sebabnya, penting bagi setiap Muslim untuk tidak hanya melaksanakan sholat, tetapi juga berupaya menunaikannya tepat pada waktunya.

Melaksanakan sholat secara tepat waktu tidak hanya memberikan ketenangan batin, tetapi juga membantu dalam menyusun dan memanage waktu dengan lebih efektif. Sejalan dengan itu, semua aspek kehidupan—dari pekerjaan hingga keluarga—akan lebih teratur dan harmonis.

Menjalankan sholat lima waktu dan mengikuti jadwal sholat harian merupakan bentuk ketaatan yang sangat mendasar namun memiliki dampak yang mendalam. Sebagai sebuah rutinitas yang suci, ia menghubungkan seorang Muslim dengan Sang Pencipta, memperkokoh iman, dan membawa berkah dalam kehidupan dunia serta akhirat.

Artikel ini disusun untuk mendorong kita semua agar tetap bersemangat dan termotivasi dalam menjalankan ibadah sholat secara konsisten dan tepat waktu. Semoga kita semua senantiasa diberi kekuatan dan ketetapan hati oleh Allah SWT dalam mengamalkan ajaran-Nya.

*Artikel ini dibuat oleh AI yang telah diverifikasi oleh Redaksi*

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement