Kamis 06 Jun 2024 21:00 WIB

Ternyata Ada Keluarga Firaun yang Beriman kepada Allah, Siapa Dia?

Firaun dikenal sebagai orang yang mengingkari ajaran Tuhan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Jamaah membaca Alquran di Masjid Nabawi, Kamis (23/5/2024).
Foto: Republika/Karta Raharja Ucu
Jamaah membaca Alquran di Masjid Nabawi, Kamis (23/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran mengabadikan ragam cerita tentang Firaun. Umumnya umat Muslim menganggap yang namanya Firaun adalah kafir. Namun sebenarnya di dalam lingkup keluarga Firaun ternyata ada yang beriman kepada Allah.

Bahkan itu disebutkan dalam Alquran. Dalam Surat Ghafir ayat 28, Allah SWT berfirman:

Baca Juga

وَقَالَ رَجُلٌ مُّؤْمِنٌۖ مِّنْ اٰلِ فِرْعَوْنَ يَكْتُمُ اِيْمَانَهٗٓ اَتَقْتُلُوْنَ رَجُلًا اَنْ يَّقُوْلَ رَبِّيَ اللّٰهُ وَقَدْ جَاۤءَكُمْ بِالْبَيِّنٰتِ مِنْ رَّبِّكُمْ ۗوَاِنْ يَّكُ كَاذِبًا فَعَلَيْهِ كَذِبُهٗ ۚوَاِنْ يَّكُ صَادِقًا يُّصِبْكُمْ بَعْضُ الَّذِيْ يَعِدُكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِيْ مَنْ هُوَ مُسْرِفٌ كَذَّابٌ

"Dan seseorang yang beriman di antara keluarga Fir‘aun yang menyembunyikan imannya berkata, “Apakah kamu akan membunuh seseorang karena dia berkata, “Tuhanku adalah Allah,” padahal sungguh, dia telah datang kepadamu dengan membawa bukti-bukti yang nyata dari Tuhanmu. Dan jika dia seorang pendusta maka dialah yang akan menanggung (dosa) dustanya itu; dan jika dia seorang yang benar, niscaya sebagian (bencana) yang diancamkannya kepadamu akan menimpamu. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang yang melampaui batas dan pendusta." (QS. Ghafir ayat 28)

 

Anggota Dewan Tertinggi Urusan Islam Mesir, Syekh Khalid al-Jundi menjelaskan, sebagian umat Muslim keliru memahami Fir'aun karena mereka menganggap semua Fir'aun itu berarti kafir.

Al-Jundi memaparkan, tidak semua Fir'aun kafir, karena beberapa di antaranya ada yang taat kepada Allah SWT, meski memang salah satu Fir'aun itu kafir.

"Ini menunjukkan bahwa Fir'aun seperti zaman kita sekarang, di mana sebagian ada yang beriman dan sebagian lagi kafir," kata Syekh Al-Jundi, dikutip dari Masrawy.

Artinya, jelas dia, bahwa di setiap zaman tentu ada golongan yang mukmin dan kafir. Karena itu Al-Jundi menekankan, Alquran pun mengabadikan seseorang yang beriman yang berasal dari keluarga Fir'aun.

 

Dua halaman Alquran...Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement