Sabtu 01 Jun 2024 20:59 WIB

Bukankah Salafi Sejalan dengan Dakwah Muhammadiyah, Mengapa Justru Merugikan?

Kehadiran salafi membawa dampak negatif di Muhammadiyah

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Muhammadiyah ilustrasi. Kehadiran salafi membawa dampak negatif di Muhammadiyah
Foto: Republika/Thoudy Badai
Muhammadiyah ilustrasi. Kehadiran salafi membawa dampak negatif di Muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Keberadaan salafi yang merangsek di keluarga besar menimbulkan keresahan. Muncul anggapan, mengapa salafi lebih mudah masuk di Muhammadiyah ketimbang ormas Islam lainnya, sebab ada irisan di antara keduanya. 

Apakah ini sesuatu yang positif karena mempunyai kesamaan tujuan dakwah Antara lain menangkal TBC, takhayul, bidah, dan khurafat atau justru merugikan? 

Baca Juga

Dalam perbincangan dengan Republika.co.id, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Syafiq A Mughni mengatakan pesan yang mereka (varian musa) sampaikan itu bertentangan dengan paham atau ideologi Muhammadiyah, tentu merugikan Muhammadiyah. 

Juga bagi orang lain mungkin punya kesan seolah-olah (pesan dari varian musa) itu identik dengan Muhammadiyah. 

 

“Sehingga Muhammadiyah mendapatkan citra yang buruk. Akibat orang yang sebenarnya tidak mendapatkan persetujuan dari Muhammadiyah,” kata dia, awal pekan lalu.  

Prof Syafiq ditanya lagi, apa dampak buruknya jika varian musa dibiarkan masuk Muhammadiyah tanpa diwaspadai. Menurutnya akan menimbulkan ketegangan di tengah masyarakat. Karena Muhammadiyah ini menganut wasthiyah. 

"Islam itu agama wasthiyah, sehingga tidak mudah mengkafirkan orang, tidak mudah membid'ahkan orang. Kita bersikap proporsional, tetapi kalau ada orang yang memanfaatkan masjid Muhammadiyah untuk mencaci maki orang lain, nah ini akan menimbulkan persoalan bagi Muhammadiyah," jelas Prof Syafiq.

Prof Syafiq menegaskan bahwa Muhammadiyah tidak mudah mengkafirkan dan membid'hkan orang lain, seperti mereka yang suka mengkafirkan dan membid'ahkan orang lain.

Prof Syafiq mengatakan, sebenarnya Muhammadiyah merupakan organisasi yang luas, yang sikapnya lues dan pikirannya luas. Sehingga Muhammadiyah cenderung untuk menerima siapa saja yang ingin mengabdi kepada Muhammadiyah. 

"Tetapi jangan sampai keterbukaan (Muhammadiyah) itu kemudian dimanfaatkan untuk mengganggu Muhammadiyah, termasuk menyerobot aset yang sebenarnya milik Muhammadiyah," kata Prof Syafiq. 

Prof Syafiq mengingatkan, memang Muhammadiyah harus hati-hati supaya amanah yang diberikan kepada Muhammadiyah itu tetap terjaga. Maka Muhammadiyah juga harus berhati-hati terhadap setiap usaha dari pihak yang ingin mengambil alih aset dari Muhammadiyah. 

Ditanya, apakah yang dimaksud mengambil alih aset Muhammadiyah itu hanya masjid saja atau ada aset lain? Prof Syafiq menjawab, sebenarnya aset yang lain (selain masjid) juga harus waspada agar tidak diambil alih. Tapi yang paling sering terjadi itu adalah masjid. 

"Karena (masjid) pintu masuknya lebih mudah dibandingkan dengan amal usaha yang lain (milik Muhammadiyah). Misalnya sekolahan, rumah sakit, perguruan tinggi, panti asuhan, itu lebih susah untuk dimasuki," ujar Prof Syafiq. 

Prof Syafiq menjelaskan, kalau masjid, siapa saja boleh masuk, siapa saja boleh sholat di sana, siapa saja boleh berdoa di sana, siapa saja boleh membersihkan masjid, mau adzan, mau komat, mau ngimami. Itu yang maksudnya masjid lebih terbuka sehingga lebih rawan disusupi dan diambil alih.

Lantas apa perbedaan antara Muhammadiyah dan Salafi?  

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Agung Danarto membeberkan perbedaan Muhammadiyah dengan Salafi. Dilansir dari laman Muhammadiyah.or.id yang dipublikasikan setahun yang lalu.

Pertama...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement