Ahad 28 Apr 2024 04:10 WIB

Gempa Pernah Terjadi di Zaman Rasulullah dan Umar Bin Khattab

Rasulullah bersabda, gempa merupakan teguran dari Allah.

Ilustrasi Gempa
Foto: Pixabay
Ilustrasi Gempa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa bumi tidak hanya terjadi di era saat ini. Gempa juga pernah terjadi di zaman Nabi Muhammad shalallahu alahi wassalam. Gempa juga pernah terjadi di era sahabat Rasulullah, Umar Bin Khattab Radhiyallahu Anhu.

Dikutip dari buku Ad-Daa wad Dawaa karya Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, Ibnu Abid Dun-ya menyebutkan sebuah hadits mursal, diriwayatkan secara bersambung oleh al-Hakim dari jalur Baqiyyah, dari Yazid al-Juhani, dari Anas.

Baca Juga

Saat gempa bumi terjadi di zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, Beliau pun meletakkan tangannya di atas bumi.

Rasulullah lalu bersabda: "Tenanglah, karena waktumu belum tiba".

Kemudian, Nabi berpaling kepada para sahabatnya dan bersabda: "Sesungguhnya Rabb kalian benar-benar sedang menegur kalian, maka perhatikanlah teguran-Nya".

Gempa bumi juga terjadi di masa Khulafaur Rasyidin di era Umar bin Khattab seperti dirawikan dalam Manaqib Umar, karya Ibnu Abid Dun-ya. Beliau berkata, 'Wahai sekalian manusia, tidaklah gempa ini terjadi melainkan karena perbuatan kalian. Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, jika peristiwa ini kembali terulang, niscaya aku tidak ingin tinggal bersama kalian lagi di tempat ini, untuk selama-lamanya".

Saat Kota Madinah diguncang gempa bumi, Umar menegur rakyatnya. Kepada penduduk Madinah, Umar berkata, "Wahai Manusia, apa ini? Alangkah cepatnya apa yang kalian kerjakan (dari maksiat kepada Allah)? Andai kata gempa ini kembali terjadi, aku tak akan bersama kalian lagi!”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement