Kamis 18 Apr 2024 17:02 WIB

Foto Kunjungannya ke Israel Bertemu Netanyahu Kembali Viral, Gus Yahya Klarifikasi 

Gus Yahya mengaku sampaikan perdamaian dunia saat di Israel

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (tengah) saat Halal Bihalal di Gedung PBNU, Jakarta, Kamis (18/4/2024).
Foto:

Gus Yahya bercerita bahwa dirinya juga diminta bertemu dengan Netanyahu. Gus Yahya mengaku kepada Netanyahu tetap meminta ada perdamaian.

"Terus terang, saya ditanya, bagaimana sikap Indonesia terhadap Israel. Saya bilang tidak akan berubah sampai ada titik terang untuk jalan keluar bagi masalah Palestina, saya sampaikan dengan terus terang," jelas Gus Yahya. 

Gus Yahya mengatakan, kalau kemudian sekarang dipersoalkan lagi pertemuannya dengan Netanyahu, melakukan jabat tangan atau salaman dan senyum-senyum. Masa harus langsung saya "piting" Netanyahu, itu tidak mungkin karena itu adalah pertemuan diplomatik.

"Kalau kemudian sekarang misalnya, dipersoalkan saya ketemu, salaman, senyum-senyum, ya masa langsung saya 'piting' Netanyahu di situ, ya tidak mungkin, wong ini pertemuan diplomatik, gimana," ujar Gus Yahya sambil bercanda dan disambung dengan tawa.

Jajaran pengurus PBNU yang hadir di sana juga ikut tertawa dengan candaan Gus Yahya.

Sebelumnya, Gus Yahya juga menegaskan Nahdlatul Ulama (NU) sama sikapnya dengan pemerintah Republik Indonesia, menuntut dan mendesak gencatan senjata segera.

Gus Yahya mengatakan, menjelang bulan Ramadhan, PBNU menyeru kepada seluruh masyarakat khususnya warga NU untuk melaksanakan Qunut Nazilah.

 

"Untuk memintakan pertolongan Allah, untuk saudara-saudara kita di Palestina. Ini kita lakukan semuanya ikhtiar secara lahir dan batin sampai sekarang," ujar Gus Yahya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement