Selasa 09 Apr 2024 16:17 WIB

Macron dan Kedekatannya dengan Komunitas Yahudi

Komunitas Yahudi eksis di tengah warga Prancis

Rep: Mabruroh / Red: Nashih Nashrullah
Presiden Prancis Emmanuel Macron. Macron menghadiri sejumlah acara penghormatan di komunitas Yahudi
Foto: EPA-EFE/Henrik Montgomery
Presiden Prancis Emmanuel Macron. Macron menghadiri sejumlah acara penghormatan di komunitas Yahudi

REPUBLIKA.CO.ID,  LYON — Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Ahad (7/4/2024), memimpin penghormatan kepada para korban serangan Nazi di Panti Asuhan Yahudi. Ini menandai 80 tahun sejak pasukan Nazi menggerebek panti asuhan Yahudi di tenggara Prancis itu dan mengirim hampir semua penghuninya ke kamp pemusnahan.

Acara ini adalah salah satu yang pertama dari urutan upacara yang akan dipimpin Macron tahun ini untuk menandai delapan dekade sejak tahun kedua dari belakang Perang Dunia II yang pada musim panas 1944, merujuk D-Day diikuti pembebasan Paris dari pendudukan Nazi.

Baca Juga

Sejumlah mantan penghuni panti asuhan di desa Izieu akan menghadiri upacara yang dipimpin Macron Ahad sore.

Sebelumnya pada hari itu, Macron juga mengunjungi dataran tinggi Alpine yang terpencil untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan perlawanan yang, pada awal musim semi 1944, dibunuh atau ditangkap oleh pasukan Nazi dengan bantuan kolaborator Prancis.

Pada 6 April 1944, 44 anak Yahudi berusia empat hingga 12 tahun yang kemudian ditampung di panti asuhan ,ditangkap oleh Gestapo bersama dengan tujuh instruktur mereka, yang juga seorang Yahudi.

Serangan itu dilakukan atas perintah Klaus Barbie, seorang Nazi terkenal yang dikenal sebagai "Penjagal dari Lyon." Barbie melarikan diri ke Amerika Selatan setelah perang tetapi diekstradisi dari Bolivia ke Prancis pada 1983 dan pada 1987 dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan. Dia meninggal di penjara pada 1991.

Semua korban Izieu dideportasi ke kamp kematian, Auschwitz-Birkenau di Polandia atau ke Estonia yang diduduki Jerman. Hanya satu instruktur yang selamat.

Hingga saat ini, tempat itu adalah tempat yang luar biasa di mana anak-dapat berada di antara teman-teman, mengambil kelas atau berjalan-jalan seperti di masa damai.

Kenang Roger Wolman (85) yang meninggalkan panti asuhan pada 1943.

Antara Mei 1943 dan April 1944, koloni Izieu, yang didirikan Sabine Zlatin, seorang pejuang perlawanan Yahudi asal Polandia, menerima sekitar 100 anak yang orang tuanya telah dideportasi. Sampai penggerebekan, itu relatif tidak tersentuh.

“Kami pergi ke sekolah, kami memiliki kehidupan yang tenang meskipun orang dewasa mengetahui bahwa kehidupan menjadi semakin berbahaya," kata Bernard Waysenson, yang tiba pada akhir musim panas 1943 bersama saudara perempuan dan saudara laki-lakinya. Mereka pergi pada akhir November di tahun yang sama untuk bergabung dengan keluarga mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement