Rabu 03 Apr 2024 23:19 WIB

Mendengar Masukan Masyarakat, Baznas tidak akan Menerima Lagi Donasi Mcdonald's Indonesia

Baznas terus menyalurkan sedekah dari masyarakat Indonesia untuk Palestina.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyatakan sikap tidak akan menerima lagi donasi dari McDonald
Foto: dok Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyatakan sikap tidak akan menerima lagi donasi dari McDonald

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyatakan sikap tidak akan menerima lagi donasi dari McDonald's Indonesia untuk bantuan kepada masyarakat Gaza, Palestina dan bantuan kepada mustahik dalam program lainnya. Langkah tersebut diambil Baznas sebagai evaluasi setelah mendengar masukan dan keresahan masyarakat yang terjadi baru-baru ini.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Deputi I Baznas RI Bidang Pengumpulan M Arifin Purwakananta menindaklanjuti arahan Ketua Baznas RI Prof Dr Noor Achmad MA dalam pernyataan resmi pada Rabu (3/4/2024).

“Baznas juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kecintaan para muzaki dan masyarakat kepada Baznas selama ini. Kami memohon maaf atas kekhawatiran masyarakat dan terus akan memperbaiki diri lebih baik ke depan" katanya.

Hingga kini, Baznas terus menyalurkan sedekah dari masyarakat Indonesia untuk bantuan ke masyarakat Gaza, Palestina. Bantuan yang diterima Baznas telah disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. 

Dalam penyalurannya, Baznas telah bekerja sama dengan tiga lembaga filantropi besar asal Mesir, yakni Mishr Al-Kheir, Bayt Zakat Wa As-Shadaqat, dan Egyptian Red Crescent Society (ERCS), untuk mempermudah penyaluran bantuan ke Gaza, Palestina.

"Dengan total nilai penyaluran sampai saat ini mencapai Rp 43,1 miliar, 56,7 ton natura, dengan penerima manfaat sebanyak 177.881 warga Palestina, dan angka ini masih terus bertambah karena penyaluran bantuan masih terus dilakukan. Terkini, Baznas RI bekerja sama dengan TNI AU dan pihak Yordania mengirimkan bantuan ke Gaza Palestina lewat jalur udara," ucap Arifin.

Dalam hal ini, jelas dia, Baznas RI juga terus melakukan koordinasi dengan pemerintah termasuk TNI, dan berbagai pihak dalam membantu korban genosida di Gaza Palestina. Donasi selama ini yang diterima Baznas RI berasal dari masyarakat Indonesia, berbagai lembaga amil zakat (LAZ), Baznas provinsi/kabupaten/kota, donasi korporasi, donasi perorangan, sekolah, dan dibantu oleh penggalangan donasi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sementara hingga 2 April 2024, Baznas telah sembilan kali mengirimkan bantuan ke Palestina dengan rincian 4 November 2023 sebanyak 51,5 ton, 20 November 2023 sebanyak 21,7 ton, 18 Januari 2024 sebanyak 60 ton, 4 Desember 2023 sebanyak 6 truk kontainer, 18 Desember 2024 sebanyak 10 truk kontainer, 28 Desember 2023 sebanyak 3 truk kontainer, 19 Februari 2024 sebanyak 14 truk kontainer, dan 40 truk kontainer yang dibagi dalam dua perjalanan bantuan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para muzaki dan semua pihak yang ikut membantu program Gaza dan bantuan lain dalam mengatasi kemiskinan lainnya melalui zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) yang disalurkan melalui Baznas RI. Sikap Baznas RI sudah jelas, kami dengan tegas mengutuk keras kebiadaban Israel yang telah membuat rakyat Palestina menderita," pungkas Arifin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement