Kamis 07 Mar 2024 16:45 WIB

Guru Besar Tingkatkan Kualitas SDM Nasional

Kemenag sebut pentingnya keahlian akademik untuk benahai negara ini.

Ilustrasi perguruan tinggi Islam.
Foto: Dok STEI SEBI
Ilustrasi perguruan tinggi Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag) Ahmad Zainul Hamdi mengatakan pentingnya keahlian akademik untuk membantu membenahi membenahi negara ini, sesuai keahlian darii bidang akademik yang dimiliki.

"Setiap orang ada yang memiliki keahlian akademik yang memadai oleh suatu sistem yang terkendali sedemikian rupa, sehingga seseorang tersebut dianggap sebagai seorang ahli pada bidang tertentu," katanya saat menghadiri pengukuhan dua Guru Besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Rabu (6/3/2024).

Baca Juga

Sebagai contoh, lanjut Ahmad Zainul, seseorang ahli di bidang ilmu hukum dan seseorang ahli di bidang Bahasa Arab, berarti orang itu adalah ahli pada bidang tertentu yang disebut sebagai guru besar.

Guru besar merupakan gelar akademik tertinggi bagi seorang akademisi dosen. Ketika seseorang menjadi guru besar, kata dia, maka kewajiban utama seorang akademisi pasti melakukan edukasi, seperti melalui pengajaran yang ada di kelas, edukasi publik melalui publikasi penelitian, dan edukasi publik langsung melalui pengabdian masyarakat.

Karena tugas seorang guru besar, menurutnya, harus menunjukkan kualitasnya pada bidang akademik dengan membuat karya ilmiah dan harus menjadi contoh bagi pendidik dosen lainnya.

Ia mengatakan penambahan guru besar berarti konsekuensi harus ada peningkatan mutu di kampus, seharusnya ada kenaikan sumber daya manusia di kalangan pendidikan dosen.

"Peran profesor itu semestinya akan mempercepat kenaikan indeks sumber daya manusia kita," katanya.

Oleh karena itu pihaknya hadir untuk menyatukan energi membenahi negara ini, khususnya bagi mereka yang mendapat gelar Profesor. 

"Itulah yang perlu saya sampaikan, semakin banyak guru besar mutu akademik juga akan terus meningkat," tuturnya.

Dua guru besar IAIN Kendari yang dikukuhkan yakni Prof Kamaruddin Guru Besar Ilmu Hukum SyariahFfakultas Syariah dan Prof Sitti Kuraedah Guru Besar ilmu Bahasa Arab.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement