Ahad 03 Mar 2024 08:30 WIB

Pelajar MA Sukabumi Donor Darah Peringati HUT ke-74 PMR

Donor darah menjaga kesehatan.

Ilustrasi palang merah remaja.
Foto: ANTARA/Suwandy
Ilustrasi palang merah remaja.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Para pelajar dan guru Madrasah Aliyah Miftahul Huda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengikuti bakti sosial donor darah  untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Palang Merah Remaja (PMR).

"Aksi donor darah diikuti oleh puluhan pelajar bersama guru dan juga diramaikan oleh masyarakat sekitar sebagai bentuk partisipasi dalam membantu sesama," kata Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Hondo Suwito aula Madrasah Aliyah Miftahul Huda, Sabtu. 

Baca Juga

Ia mengapresiasi pihak madrasah aliyah mulai guru hingga pelajar serta masyarakat sekitar yang sudah sukarela menyumbangkan darahnya untuk yang membutuhkan.

Selain itu, kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya donor darah serta mempererat tali solidaritas.

Hondo berharap kegiatan ini menjadi salah satu wujud nyata dari implementasi nilai-nilai kemanusiaan yang diajarkan di Madrasah Aliyah Miftahul Huda.

Donor darah secara rutin selain bisa menyelamatkan orang lain, juga membuat tubuh sehat. Selain itu, para peserta yang telah melakukan donor mendapatkan cenderamata sebagai bentuk penghargaan. 

Kegiatan donor darah ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi lembaga dan komunitas lain untuk turut serta dalam aksi-aksi sosial serupa, khususnya dalam mendukung ketersediaan persediaan darah di PMI Kabupaten Sukabumi dan rumah sakit.

Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-74 PMI Priska Dewi Kania menambahkan kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian acara dalam memperingati Hari PMR yang diharapkan tidak hanya sebagai bentuk peringatan, tapi juga sebagai sarana edukasi dan ajakan untuk berkontribusi secara nyata kepada masyarakat. 

Ia yang juga merupakan Pembina PMR MA Miftahul Huda menyebutkan petugas Unit Transfusi Darah (UTD ) PMI Kabupaten Sukabumi terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para pendonor untuk memastikan kondisi mereka memenuhi syarat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement