Senin 26 Feb 2024 12:25 WIB

Ini Cara Menjadi Mualaf atau Masuk Islam

Mualaf mendapatkan hidayah untuk memeluk Islam.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mualaf bersyahadat.
Foto:

Keempat, percaya atau beriman kepada Nabi-nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah SWT. Mulai dari Nabi Adam hingga Nabi Muhammad yang diutus terakhir oleh Allah, semuanya beriman kepada Allah, hanya menyembah dan taat kepada Allah. 

Kelima, percaya atau beriman kepada hari Akhir atau hari Kiamat. Artinya percaya akan datang waktu alam semesta dihancurkan, semua manusia yang telah mati dibangkitkan untuk diadili, dimintai pertanggung jawaban, ditimbang kebaikan dan keburukannya di Akhirat atau kehidupan setelah kematian.   

Keenam, percaya atau beriman kepada Qada dan Qadar. Artinya percaya terhadap takdir dari Allah SWT. Qada adalah ketetapan Allah SWT sejak sebelum penciptaan alam semesta, dan qadar adalah perwujudan ketetapan Allah SWT yang disebut takdir.

Sebelum atau setelah menjadi mualaf atau setelah masuk Islam, laki-laki hukumnya wajib atau harus disunat (khitan). Dalam agama Islam, khitan untuk laki-laki adalah hal yang wajib. Artinya, laki-laki yang ingin memeluk agama Islam harus melakukan sunat (khitan).

Mualaf juga harus mandi besar, dalam Islam mandi besar merupakan cara untuk membersihkan atau mensucikan diri dari najis dan hadas. Seorang mualaf sebaiknya melakukan mandi besar setelah membaca syahadat.  

Seseorang yang telah masuk Islam atau menjadi Muslim juga harus bersedia menjalankan lima rukun Islam. Rukun Islam adalah pondasi atau landasan yang harus dijalankan oleh umat Islam semasa hidupnya.

Rukun Islam di antaranya, syahadat, melaksanakan sholat, berpuasa, memberi zakat, dan menunaikan ibadah haji. Bagi mualaf, semua dilakukan secara bertahap dan berproses dengan bimbingan seorang guru atau ahli agama Islam.

Meski membaca Syahadat dan beriman kepada Allah dan Nabi Muhammad dapat dilakukan sendiri, sebaiknya bagi yang ingin menjadi Muslim mendatangi ahli agama Islam yang disebut ulama, cari ulama yang tepat yang dapat mengajarkan agama Islam secara lengkap sesuai tuntunan Alquran dan hadits. Ada juga mualaf center tempat orang-orang masuk Islam. 

 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement