Kamis 25 Jan 2024 18:59 WIB

LAZISNU dan Indomaret Serahkan Ambulans, Gerobak UMKM, dan Modal Usaha di Jateng

Program kemanusiaan kerja sama Indomaret dengan NU Care-LAZISNU terus berlanjut.

Kerja sama Indomaret dengan NU Care-LAZISNU.
Foto: Dok Lazisnu
Kerja sama Indomaret dengan NU Care-LAZISNU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Program kemanusiaan kerja sama Indomaret dengan NU Care-LAZISNU terus berlanjut. Sebanyak 2 unit ambulans, gerobak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta modal usaha disalurkan untuk 50 pelaku UMKM di Jawa Tengah. Bantuan ini merupakan hasil pengumpulan program Sedekah Peduli Kemanusiaan yang dihimpun sejak 1 Juli 20 November 2023. Hasil dari program ini digunakan untuk meningkatkan layanan pendidikan, kesehatan, serta pemberdayaan perempuan pelaku UMKM.

"Jadi sedekah dari pelanggan (Indomaret) ini sangat luar biasa. Mungkin bapak ibu belanja dan menyisihkan uang 100 atau 300 perak dikumpulkan. Itu sangat besar dan Insya Allah manfaatnya juga bisa terasa, ujar Marcomm Senior Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Bambang Trijanto saat menyerahkan bantuan tersebut kepada Sekretaris LAZISNU PBNU, H Moesafa disaksikan Bupati Blora, Arief Rohman di Gedung Serba Guna PCNU, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, dalam siaran persnya, Jumat (19/01/2024).

Baca Juga

Hadir pada peresmian tersebut, Direktur LAZISNU PWNU Jawa Tengah Wibowo, Ketua PCNU Blora, HM Fatah dan Branch Manager Indomaret Cabang Jombang, Lukman Suroko.

Program Sedekah Peduli Kemanusiaan merupakan sumbangan sukarela dari para pelanggan Indomaret yang diberikan melalui kasir di seluruh gerai Indomaret. “Kita mempunyai tradisi dan kebiasaan gotong royong yang sangat melekat dan mengakar di tengah masyarakat. Bantuan gerobak UMKM dan modal usaha ini ditujukan untuk masyarakat Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan, dan Kota Semarang, jelas H Moesafa.

Sedangkan 2 unit ambulans ditujukan untuk peningkatkan layanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Blora dan Kabupaten Banyumas. Kerja sama Indomaret dan NU Care-LAZISNU melalui program penghimpunan sedekah dari pelanggan ini adalah yang keenam kalinya. Kali ini, program Sedekah Peduli Kemanusiaan diperuntukkan bagi masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Program ini dilaksanakan dalam bentuk sub-program Nusantara Unggul dan Cerdas untuk bantuan pendidikan, Nusantara Sehat dan Kuat untuk bantuan layanan kesehatan, serta sub-program Perempuan Berdaya dan Terampil untuk bantuan bagi perempuan pelaku UMKM dan perempuan pejuang nafkah keluarga, ujar penanggung jawab program kerja sama NU Care -LAZISNU dan Indomaret, Ending Syarifuddin.

Program Perempuan Berdaya dan Terampil, berupa bantuan modal usaha dan gerobak usaha untuk 200 perempuan pelaku UMKM di 14 kabupaten di Jawa Tengah. Penyerahan bantuan di Kabupaten Blora ini adalah yang kedua, setelah penyerahan pertama di Kabupaten Temanggung pada bulan November 2023. Diharapkan, bantuan ini dapat bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement