Kamis 25 Jan 2024 18:34 WIB

Baznas: Dana Kemanusiaan untuk Palestina Tembus Rp 213 Miliar

Dana yang telah disalurkan kepada korban di Gaza, Palestina sebesar Rp 30 miliar.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan lembaga filantropi Mesir, Mishr Al-Kheir kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.
Foto: Dok. BAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan lembaga filantropi Mesir, Mishr Al-Kheir kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan, mengungkapkan  Sumbangan rakyat Indonesia untuk Palestina mencapai Rp 213 miliar. Adapun dana yang telah disalurkan kepada para korban di Gaza, Palestina sebesar Rp 30 miliar.

“Dana yang sudah masuk ke rekening Baznas RI sampai saat ini Rp 213 miliar. Jumlah yang sudah disalurkan sebesar hampir Rp 30 miliar,” kata Rizal kepada Republika, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga

BACA JUGA: Urutan Bacaan Tahlil atau Tahlilan Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

Rizal menjelaskan, jumlah tersebut tentunya akan terus bertambah karena masih banyak donator dan LAZ yang menyumbangkan bantuan untuk Palestina melalui Baznas RI. “Data dana masuk akan terus bergerak karena masih ada komitmen-komitmen dari beberapa mitra donatur yang belum dikirim ke Baznas RI,” ujar Rizal.

Adapun mengenai program zakat khusus untuk membantu para korban di Palestina, menurutnya, sampai saat ini tidak ada dari masyarakat. Semua bantuan yang masuk masih berupa sumbangan untuk para korban di Gaza, Palestina.

“Sampai saat ini tidak ada dana zakat untuk Palestina walaupun diperbolehkan oleh Fatwa MUI. Dana saat ini masih kategori dana sedekah,” kata Rizal.

“Baznas sendiri mengkampanyekan sedekah untuk Palestina. Bila ada nanti dana zakat yang akan di khususkan terikat (muqoyad) untuk Palestina akan tetap kita terima dan salurkan,” tambahnya.

Bantuan Kemanusiaan tahap 1 seberat 21,5 ton telah dikirimkan Baznas sejak akhir September 2023 lalu dan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo. Baznas RI bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) kembali mengirimkan 60 ton bantuan kemanusiaan Palestina menggunakan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992.

Bantuan yang dikirimkan tersebut di antaranya berupa makanan siap saji, susu, selimut, pakaian, alat kesehatan, obat-obatan, tenda lapangan, popok hingga pembalut. Baznas mengajak masyarakat Indonesia berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada di bawah serangan Israel. Bantuan dapat disalurkan melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam atau transfer ke rekening BSI 100.426.6893.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement