Rabu 24 Jan 2024 16:46 WIB

Baznas dan PT Pelindo Resmikan Kampung Wisata Ramah Anak di Medan

Peluncuran Kampung Wisata Ramah Anak jadi upaya tingkatkan kesejahteraan masyarakat.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan PT Pelindo meluncurkan kembali Kampung Wisata Ramah Anak di Lingkungan XII Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Medan, Rabu (24/1/2024).
Foto: Dok. BAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan PT Pelindo meluncurkan kembali Kampung Wisata Ramah Anak di Lingkungan XII Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Medan, Rabu (24/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan PT Pelindo meluncurkan kembali Kampung Wisata Ramah Anak di Lingkungan XII Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Medan, Rabu (24/1/2024). 

"Baznas berkolaborasi dengan PT Pelindo untuk melakukan revitalisasi Kampung Wisata Ramah Anak ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berfokus pada kesehatan, keterampilan, dan pemberdayaan ekonomi," ujar Pimpinan Baznas RI Bidang SDM, Keuangan, dan Hukum Kolonel CAJ (Purn) Drs Nur Chamdani. 

Baca Juga

Menurutnya, keberadaan Kampung Wisata Ramah Anak ini merupakan langkah yang positif untuk menciptakan lingkungan holistik bagi anak-anak, serta mendorong pertumbuhan mereka dalam suasana yang baik, dan nyaman. 

"Adapun revitalisasi yang dilakukan Baznas dan PT Pelindo ini di antaranya; perbaikan kolam ikan kawasan wisata, revitalisasi posyandu anak dan lansia bersama Puskesmas, revitalisasi Taman baca, hingga pelatihan dan bantuan modal UMKM," ucapnya.

 

Tidak hanya itu, lanjut Nur Chamdani, pihaknya juga memberikan makanan tambahan yang akan diberikan kepada anak-anak seperti telur ayam, biskuit, susu. Sedangkan untuk lansia berupa tensi darah, cek gula, dan pemberian susu. 

"Kami berharap Kampung Wisata Ramah Anak ini dapat meningkatkan kesejahteraan anak-anak, juga meningkatkan ketahanan ekonomi komunitas setempat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluru pihak, PT Pelindo, atas kerja sama yang baik ini. Semoga kolaborasi ini memberikan manfaat bagi masyarakat seluas-luasnya," tambahnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Medan, Khoiruddin mewakili Walikota Medan, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Baznas dan PT Pelindo yang berupaya mengembangkan masyarakat untuk lebih peduli dalam membangun kampungnya, sehingga kemudian mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Sementara itu, Manajer SDM & Umum PT Pelindo Reg 1 Belawan Khairul Ulya mengatakan, Kampung Ramah Anak di Belawan Bahari ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata di kota Medan, khususnya untuk daerah Belawan.

"Sebelumnya, PT Pelindo menginisiasi Kampung Ramah Anak di Lingkungan XII Kelurahan Belawan Bahari dan sempat terhenti karena Covid-19. Untuk itu, kami menggandeng BAZNAS untuk membangun kembali Wisata Kampung Ramah Anak ini," katanya. 

Khairul berharap, Wisata Kampung Ramah anak ini dapat berjalan secara berkelanjutan, dan memberikan banyak manfaat bagi anak-anak, masyarakat sekitar, dan juga dapat menjadi contoh bagi semua masyarakat di sini untuk terampil dalam mengelola kampungnya sebagai kampung wisata sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pada kegiatan tersebut, Ketua Baznas Kota Medan Muhammad Nursyam, mengucapkan terima kasih atas kolaborasi dari Baznas dan Pemerintah Kota Medan sehingga Wisata Kampung Ramah Anak ini dapat kembali beroperasi. 

“Mudah-mudahan adanya Kampung Ramah Anak ini dapat berdampak baik bagi anak-anak dan masyarakat di sekitar Kelurahan Belawan Bahari,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement