Senin 08 Jan 2024 18:27 WIB

Tujuh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah Raih Akreditasi Unggul

Muhammadiyah telah memberikan kontribusi konkret pada sektor pendidikan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Gita Amanda
Sebanyak tujuh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) berhasil meraih akreditasi unggul yang diberikan oleh BAN-PT.
Foto: UMY
Sebanyak tujuh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) berhasil meraih akreditasi unggul yang diberikan oleh BAN-PT.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak tujuh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) berhasil meraih akreditasi unggul yang diberikan oleh BAN-PT. Ketujuh kampus tersebut yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). 

Bendahara Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Mahfud Sholihin, mengatakan Muhammadiyah telah memberikan kontribusi konkret pada sektor pendidikan. "Hal ini dibuktikan dengan adanya amal usaha pendidikan yakni PTMA yang berhasil mencapai taraf unggul serta menghasilkan banyak lulusan yang kompeten," kata Mahfud, Senin (8/1/2024).

Baca Juga

Mahfud mengatakan, berdasarkan peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 1 Tahun 2020 tentang mekanisme akreditasi menentukan bahwa peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi Unggul, Baik Sekali, dan Baik atau Tidak Terakreditasi. Peringkat itu untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Sementara itu Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Ahmad Muttaqin mengatakan dengan predikat akreditasi Unggul menunjukkan bahwa kampus memiliki sumber daya lebih baik, seperti dana penelitian, dukungan dari pemerintah, dan keterlibatan industri. "Keberadaan sumber daya tersebut sangat mendukung aktivitas riset yang berkualitas, pengembangan program unggulan, serta pembangunan infrastruktur kampus ke arah yang lebih baik," ungkapnya.

Berikut daftar nama-nama kampus Muhammadiyah yang terakreditasi Unggul:

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY pada 1 Maret 1981. UMY yang berlokasi di Jalan Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, telah mendapat akreditasi BAN-PT sebanyak tiga kali dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, yakni pada tahun 2013 dan 2018, terakreditasi A, dan pada tahun 2022 mendapat akreditasi Unggul.

2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor 393/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023, Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menetapkan peringkat akreditasi perguruan tinggi UAD Unggul. Status akreditasi ini berlaku terhitung mulai 30 Mei 2023 hingga 11 Oktober 2027

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Setelah meraih Akreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2017, UMS meningkatkan akreditasi menjadi Unggul pada tahun 2021 dan berlaku hingga tahun 2026 berdasarkan nomor SK 1057/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/XII/2021 untuk akreditasi institusi.

4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2013. Kemudian pada tahun 2021, UMM kembali mendapatkan akreditasi terbaik dengan predikat Unggul. Akreditasi ini berlaku hingga tahun 2027.

5. Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka)

Uhamka  saat ini telah memiliki sembilan fakultas dan sekolah pascasarjana. Setelah tahun 2022 Uhamka meraih peringkat 22 universitas Islam terbaik dunia, pada tahun 2023 Uhamka meraih posisi sebagai universitas Islam terbaik 1 di Indonesia dan 9 dunia. 

6. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

UMSU meraih akreditasi B oleh BAN-PT tahun 2015. Pada tahun 2019 berhasil meraih predikat akreditasi A. 

7. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

UM Purwokerto berhasil mendapatkan akreditasi B berdasarkan nomor SK 75/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/IV/2020 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Kemudian, tepat pada 30 Agustus 2023, UMP melangkah jauh dengan mencapai akreditasi Unggul dari BAN-PT dengan Nomor SK: 557/SK/BAN-PT/Ak/PT/VIII/2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement