Jumat 05 Jan 2024 13:27 WIB

AS Gagalkan Serangan ke Pangkalannya di Suriah

AS menuding Iran berada di balik semua serangan tersebut.

Sejumlah pesawat nirawak (drone) terlihat selama latihan militer di lokasi yang dirahasiakan di Iran,
Foto: reuters
Sejumlah pesawat nirawak (drone) terlihat selama latihan militer di lokasi yang dirahasiakan di Iran,

REPUBLIKA.CO.ID, TAL ABYAD -- Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) menggagalkan serangan terhadap pangkalannya di Suriah barat, yang terjadi semalam dengan menembak jatuh dua wahana udara tak berawak (UAV), kata sejumlah sumber setempat pada Jumat (5/1/2024).

Sumber-sumber itu menyebutkan dua anak terluka ketika salah satu drone jatuh ke permukiman dekat pangkalan militer AS itu. Tak ada yang mengaku bertanggung jawab atas rencana serangan ke pangkalan militer AS di wilayah al-Tanf Provinsi Homs, di dekat perbatasan Yordania.

Baca Juga

AS juga belum mengomentari insiden tersebut. Salah satu pesawat tak berawak itu jatuh di dekat permukiman sipil dekat pangkalan tersebut sampai melukai dua anak-anak, kata sumber yang meminta namanya tak disebutkan.

Drone dan senjata darat-ke-darat tak dikenal, berulang kali digunakan dalam serangan terhadap pangkalan militer di wilayah al-Tanf, Distrik Malikiyye dekat perbatasan Irak, Distrik Shaddadi di Provinsi Hasakah, dan Provinsi Deir ez-Zor. Sejumlah kelompok dukungan Iran pun kadang-kadang melancarkan serangan roket dan drone ke pangkalan AS di tepi timur Sungai Eufrat.

Dalam pidatonya pada 17 Oktober 2023, Pemimpin Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan jika serangan Israel terus berlanjut, "pasukan perlawanan" akan mengambil tindakan. Beberapa lama kemudian serangan drone dan roket menerjang pangkalan tentara AS di Suriah dan Irak.

Serangan itu dilancarkan oleh kelompok-kelompok dukungan Iran yang berada di Rusia dan Irak. Pemerintah AS menuding Iran berada di balik semua serangan tersebut.

AS menuding serangan udara diluncurkan beberapa kali dari sejumlah fasilitas yang digunakan Korps Pengawal Revolusi Islam Iran dan kelompok-kelompok afiliasinya di Suriah timur, yang pertama kali terjadi pada 27 Oktober 2023.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement