Kamis 04 Jan 2024 17:28 WIB

Kemenag Buka Pendaftaran Murid Baru untuk Madrasah Unggulan Seluruh Indonesia

Kemenag akan menyeleksi secara ketat untuk mengikuti pendidikan di madrasah unggulan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
 Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong sedang belajar.
Foto: Republika/Agung Supri
Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong sedang belajar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia Muhammad Ali Ramdhani mengatakan membuka pendaftaran murid baru untuk berbagai madrasah unggulan di seluruh Indonesia.

Ramdhani menjelaskan Kemenag akan menyeleksi secara ketat untuk mengikuti pendidikan di 24 MAN Insan Cendekia (IC), 11 MAN Program Keagamaan (PK) dan 2 SMA Kejuruan Negeri di seluruh Indonesia. MAN IC merupakan madrasah unggulan nasional bidang sains dan humaniora binaan Kemenag. MAN IC siap menampung murid baru.

Baca Juga

“Lulusan MAN IC diharapkan dapat mengakses perguruan tinggi top nasional dan Internasional, serta menjadi teknokrat, saintis, dan pemimpin masa depan di bidangnya masing-masing,” ujar Ramdhani dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Kamis (4/1/2024).

Sementara terkait MAN PK, Ramdhani mengungkapkan MAN PK merupakan madrasah unggulan nasional bidang agama dan keagamaan yang dibina langsung Kemenag. Lulusan MAN PK diharapkan mampu menggabungkan keulamaan dan kecendekiawanan.

MAN PK diselenggarakan dalam suasana pendidikan yang menggabungkan antara persekolahan dan pondokan untuk memungkinkan belajar 24 jam

sehari dengan variasi metodologi pembelajaran,” kata guru besar UIN Bandung ini.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Sidik Sisdiyanto mengatakan proses pendaftaran SNPDB pada madrasah unggulan nasional secara resmi tahun 2024 ini akan dibuka mulai tanggal 8 Januari hingga 17 Februari 2024. Ia menjelaskan lulusan Pondok Pesantren Muadalah dan santri PDF yang memiliki SK Kemenag RI dapat mendaftar sebagai calon murid di MAN IC, MAN PK, maupun MAKN seluruh Indonesia.

"SNPDB (Seleksi Nasional Peserta Didik Baru) tahun 2024 juga menyediakan jalur prestasi keagamaan. Calon peserta didik dengan kemampuan membaca kitab turats (kitab kuning) dan hafalan Alquran minimal 15 juz dapat mendaftar di MAN PK. Jalur prestasi tambahan ini diperuntukkan untuk bisa diterima di MAN PK saja," ujarnya.

Sidik berharap segera mendaftarkan diri dan memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan layanan pendidikan madrasah yang berkualitas. Disamping itu mereka akan dibekali diri dan berperan dalam pembangunan bangsa sebagai calon pemimipin serta generasi penerus bangsa yang berkarakter madrasah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement