Kamis 04 Jan 2024 15:01 WIB

Iran: AS dan Israel Bertanggung Jawab atas Serangan Bom di Kerman

Israel menolak mengomentari insiden serangan bom di Kerman.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Setyanavidita livicansera
Orang-orang menunggu di samping seorang pria yang terluka setelah ledakan di Kerman, Iran, Rabu, (3/1/2024).
Foto: AP Photo/Mahdi Karbakhsh Ravari
Orang-orang menunggu di samping seorang pria yang terluka setelah ledakan di Kerman, Iran, Rabu, (3/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN – Iran menuding Amerika Serikat (AS) dan Israel bertanggung jawab atas serangan bom di kota Kerman yang menewaskan lebih dari 100 orang. Serangan tersebut dilakukan ketika masyarakat Iran sedang memperingati hari kematian Qassem Soleimani, mantan komandan Pasukan Quds yang dibunuh oleh AS.

“Washington mengatakan AS dan Israel tidak berperan dalam serangan teroris di Kerman, Iran. Benarkah? Rubah mengendus sarangnya sendiri terlebih dahulu. Jangan salah. Tanggung jawab atas kejahatan ini terletak pada AS serta rezim Zionis (Israel) dan terorisme hanyalah sebuah alat,” kata wakil politik presiden Iran, Mohammad Jamshidi, lewat akun X (Twitter)-nya, Rabu (3/1/2024).

Baca Juga

AS telah menolak tuduhan yang menyebut mereka atau sekutunya, Israel, terlibat dalam serangan bom di kota Kerman. “AS tidak terlibat dalam hal apa pun. Kami tidak punya alasan untuk percaya bahwa Israel terlibat dalam ledakan ini,” ujar Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller, Rabu (3/1/2024).

Sementara Israel menolak mengomentari insiden serangan bom di Kerman. “Kami fokus pada pertempuran dengan Hamas,” kata Juru Bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Daniel Hagari ketika ditanya insiden di Kerman. Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei telah sesumbar bahwa negaranya akan mengambil tindakan keras untuk merespons serangan bom di Kerman.

Khamenei meyakini, “musuh jahat” Iran mendalangi insiden tersebut. Pada Rabu lalu, dua bom meledak berurutan di dekat Pemakaman Martir di Masjid Saheb al-Zaman di Kerman. Bom itu diledakkan ketika warga di sana tengah memperingati kematian Qassem Soleimani. Menurut laporan kantor berita Iran, Islamic Republic News Agency (IRNA), kedua bom diledakkan dari jarak jauh menggunakan alat kontrol.

Menteri Dalam Negeri Iran Ahmad Vahidi mengungkapkan, ledakan awal terjadi pada pukul 15:00 waktu setempat. Sementara bom kedua diledakkan ketika orang-orang berkumpul untuk menyelamatkan dan mengevakuasi korban dari ledakan pertama. Menurut Vahidi, ledakan kedua memakan lebih banyak korban. “Aksi teroris ini akan ditanggapi dengan respons yang kuat dan menghancurkan dari aparat keamanan dan militer dalam waktu sesingkat-singkatnya,” ujar Vahidi.

Sedikitnya 103 orang tewas dan 188 lainnya terluka dalam serangan bom di Kerman. Iran telah menyatakan hari Kamis (4/1/2024) sebagai hari berkabung nasional.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom di Kerman. Terkait Qassem Soleimani, dia tewas di Bandara Internasional Baghdad, Irak, pada 3 Januari 2020. Soleimani dibunuh saat berada dalam konvoi Popular Mobilization Forces (PMF), pasukan paramiliter Irak yang memiliki kedekatan dengan Iran. Iring-iringan mobil mereka menjadi sasaran tembak pesawat nirawak AS. Mantan presiden AS Donald Trump adalah tokoh yang memerintahkan langsung serangan tersebut.

Trump mengklaim, Soleimani sedang merencanakan serangan terhadap misi dan diplomat AS di Timur Tengah. Oleh sebab itu, sebelum Soleimani melancarkan aksinya, AS terlebih dulu mengambil tindakan dengan membunuhnya.

Iran mengutuk keras pembunuhan Soleimani dan bersumpah akan membalas tindakan Washington. Tak lama setelah peristiwa pembunuhan itu, Iran meluncurkan serangan udara ke markas tentara AS di Irak. Aksi itu sempat menimbulkan kekhawatiran global tentang potensi pecahnya peperangan.

Soleimani merupakan tokoh militer Iran yang memiliki pengaruh besar di kawasan Timur Tengah. Ia dipercaya memimpin Pasukan Quds, sebuah divisi atau sayap dari Garda Revolusi Iran yang bertanggung jawab untuk operasi ekstrateritorial, termasuk kontra-intelijen di kawasan. Soleimani pun memiliki kedekatan dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement