Senin 01 Jan 2024 13:12 WIB

Kiai Cholil: Orang yang Mengaji ke Syaiful Karim Berhenti Saja

Kiai Cholil minta Syaiful Karim belajar.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Kiai Muhammad Cholil Nafis menjawab pertanyaan wartawan republika di Jakarta.
Foto:

Kiai Cholil menegaskan tingkatan Syaiful Karim bukan tingkatan ustadz. Seharusnya Syaiful Karim belajar, bukan mengajar. Ketua MUI Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah ini juga sudah minta ke MUI Bandung agar Syaiful Karim dibina.

"Hendaklah orang-orang yang mengaji ke dia (Syaiful Karim) berhenti saja," ujar Kiai Cholil.

BACA JUGA: Viral Pilot dan Pramugari Selingkuh, Ini Lima Dosa Orang yang Nekat Selingkuh

Kiai Cholil menegaskan masyarakat mengaji ke guru yang sudah jelas memang punya kemampuan ilmu dan punya keteladanan saja. Syaiful Karim bukan ahli di bidang agama.

Seperti diketahui, dalam ceramahnya yang viral itu, Syaiful Karim salah dalam memaknai arti ayat dalam Surat Al-Qari'ah. Menurutnya, seharusnya Al-Qari'ah itu maknanya adalah pembaca, bukan bermakna Hari Kiamat.

"Yang laki-laki disebut Qari, yang perempuan disebut Qariah. Di Quran ada Quran, Surat Al-Qari'ah. Sayang sekali Surat Al-Qari'ah selama ini diterjemahkan Hari Kiamat, saya juga bingung. Kok Al-Qari'ah hari kiamat, padahal Qari itu adalah pembaca laki-laki. Qari'ah pembaca perempuan. Pakai alif lam itu kata benda, menjelaskan bahwa Al-Qariah itu si pembaca. Jadi Al-Qari'ah itu artinya pembaca," kata Syaiful dalam video yang beredar di media sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement