Kamis 21 Dec 2023 15:29 WIB

Perdana, Petinju Muslimah Berjilbab Ini Wakili Australia di Olimpiade

Dia juga menjadi petinju Muslimah Australia pertama berkompetisi di Commonwealth.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Petinju wanita Muslim Australia berjilbab Tina Rahimi. Rahimi telah membuat sejarah sebagai petinju wanita Muslim pertama yang mewakili Australia di Commonwealth Games 2022 di Birmingham.
Foto:

Sederet prestasi

Prestasi Rahimi tidak hanya sebatas lolos ke Olimpiade. Dia juga menjadi petinju Muslimah Australia pertama yang berkompetisi di Commonwealth Games ketika ia memenangkan medali perunggu di divisi kelas bulu (57 kilogram), di Birmingham, pada 2022. 

Dia juga memenangkan emas di Pacific Games baru-baru ini di Honiara, Kepulauan Solomon. Dia menjadi pilihan mutlak dari kelima juri di final. 

“Saya sekarang berlatih dua kali sehari selama enam hari seminggu. Saya tidak sabar untuk pergi ke Paris dan mewakili Australia," ujar Rahimi. 

Mulai dari lari, tinju, dan sepak bola, kebangkitan Muslimah inspiratif dalam bidang olahraga sedang marak. Tahun lalu, pelatih tinju berhijab pertama di Inggris, Haseebah Abdullah, diakui sebagai “Pahlawan Kampung Halaman” di Birmingham. 

Maka, Rahimi bukan satu-satunya petinju berjilbab. Banyak petinju Muslim wanita yang bergabung dalam olahraga ini setelah Asosiasi Tinju Internasional (AIBA) mengubah peraturannya pada 2019. Peraturan baru tersebut memungkinkan petinju Muslimah untuk mengenakan hijab dan menutupi seluruh tubuh di atas ring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement