Kamis 14 Dec 2023 14:44 WIB

PM Irlandia: Israel telah Kehilangan Dukungan dan Simpati Dunia

Israel telah membombardir Jalur Gaza selama lebih dari dua bulan.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Muhammad Hafil
Tentara Israel dengan kendaraan tempur lapis baja mereka berkumpul di posisi dekat perbatasan dengan Jalur Gaza, di Israel selatan, (2/12/2023).
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Tentara Israel dengan kendaraan tempur lapis baja mereka berkumpul di posisi dekat perbatasan dengan Jalur Gaza, di Israel selatan, (2/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON --- Perdana Menteri Irlandia mengatakan pada hari Rabu (13/12/2023), bahwa apa yang terjadi di Gaza juga merupakan bencana bagi Israel karena mereka kehilangan dukungan dan simpati dari seluruh dunia saat ini.

Ini adalah bencana "karena hal ini tidak akan memberikan keamanan bagi mereka," kata Leo Varadkar kepada parlemen di ibukota negara itu, Dublin. Menurut Varadkar apa yang dilakukan pemerintah Israel membahayakan keamanan jangka panjang dan jangka menengah rakyat Israel.

Baca Juga

"Ini tidak akan membawa perdamaian bagi mereka, dan mereka dengan cepat kehilangan dukungan dan simpati di seluruh dunia. Bahkan sekutu terdekat mereka, Amerika Serikat, saya yakin, mulai berpikir ulang tentang apa yang mereka lihat terjadi di Gaza," katanya.

Menjabarkan bagaimana proses pemungutan suara Majelis Umum PBB pada hari Selasa (13/12/2023), untuk gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza. Saat itu Perdana menteri Irlandia mengatakan bahwa hal tersebut sangat penting dan Irlandia menyambut baik hal tersebut.

"Hanya 10 negara yang saat ini berpihak pada Israel dan apa yang kita lihat di Gaza merupakan bencana mutlak bagi rakyat Palestina, dan mereka mengalami penderitaan yang mengerikan," kata Varadkar.

Resolusi yang tidak mengikat, yang diajukan oleh Mesir, dengan dukungan dari hampir 100 negara, termasuk Turki, disahkan dengan 153 suara setuju saat Majelis Umum yang beranggotakan 193 negara berkumpul untuk sesi khusus darurat tentang Palestina.

Perdana Menteri Irlandia melanjutkan dengan mengatakan bahwa ini adalah "bencana strategis" bagi Israel dan membuat "kesalahan besar". Menyuarakan keprihatinannya tentang situasi saat ini di daerah kantong yang terkepung itu, Varadkar mengatakan bahwa hal tersebut "tidak dapat ditoleransi" dan "tidak dapat diterima" oleh Irlandia.

Ia mengatakan bahwa pengeboman tanpa henti dan pembunuhan warga sipil tak berdosa "harus diakhiri," ia menegaskan bahwa pemerintahnya akan membuat kasus ini dan akan terus membuat kasus ini di Brussels dan di tempat lain untuk gencatan senjata yang segera dan langgeng.

"Saya terus membuat kasus bahwa Eropa perlu mengubah posisinya dalam hubungannya dengan Israel dan Palestina untuk tidak terlalu pasif dan mendorong permintaan untuk solusi dua negara dengan cara yang belum pernah kita lakukan di masa lalu," tambahnya.

Israel telah membombardir Jalur Gaza selama lebih dari dua bulan, menewaskan lebih dari 18.500 warga Palestina dan meninggalkan jejak kehancuran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement