Rabu 13 Dec 2023 12:29 WIB

Begini Strategi Salimah Bojonggede Dongkrak Omzet Salimah Food

Salimah Food jadi program unggulan Salimah Bojonggede.

Salimah Food
Foto: dok salimah
Salimah Food

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pimpinan Cabang Persaudaraan Muslimah (PC Salimah) Bojonggede, Kabupaten Bogor, distribusikan sebanyak 261 pcs produk Salimah Food sejak Senin (4/12/2023). Dari penjualan tersebut, diperoleh omzet sebanyak Rp 9.235.000.

Salimah Food adalah makanan olahan beku dari ikan, ayam dan daging yang telah rutin dipasarkan di Bojonggede dan sekitarnya setiap menjelang akhir bulan dengan sistem preorder (PO).

Baca Juga

Penjualan Salimah Food menjadi salah satu program unggulan Departemen Ekonomi yang kini telah mampu berkontribusi membantu kegiatan perekonomian, sosial dan dakwah Salimah, khususnya di Bojonggede.

Ketua Departemen Ekonomi PC Salimah Bojonggede Tri Prayudhani mengatakan, hal itu tak lepas dari dukungan besar keluarga. 

"Tak bisa dimungkiri, keberhasilan program kita tak lepas dari dukungan besar keluarga. Mereka support system terbaik," kata Tri dalam siaran persnya, Rabu (13/12/2023)?

Ia menjelaskan bahwa salah satu triknya menaikkan omzet penjualan Salimah Food adalah dengan mengajak keluarga dan orang terdekat untuk menjadi reseller

"Saya ajakin satu-satu, mulai dari anak saya, tetangga saya, teman pengajian, binaan, dan kolega-kolega yang saya kenal," ujarnya.

Selain itu, Tri menjelaskan jika berjualan makanan memang baiknya kita memberikan tester dulu kepada calon reseller ataupun calon pembeli. Hal tersebut dimaksudkan agar mereka tahu apa bedanya Salimah Food dengan produk sejenis.

"Salimah Food itu 70 persen merupakan bahan asli dan sisanya campuran (tepung, dan lain-lain), enak, halal, tanpa bahan pengawet dan MSG, barulah para pembeli mulai tertarik dan berlangganan. Pembeli yang mengutamakan kualitas, mereka tidak akan masalah dengan harga," kata Tri.

Menurut Tri, jumlah reseller di Bojonggede saat ini berjumlah 25 orang, 8 orang berasal dari PRa Salimah yang ada di Bojonggede dan 17 orang sisanya berasal dari PC Salimah Bojonggede maupun perorangan baik yang aktif maupun tidak.

Pada bulan ini, tiga PRa Salimah dengan pesanan tertinggi ditempati oleh PRa Salimah Susukan, PRa Salimah Pabuaran dan PRa Salimah yang baru saja dilantik, yaitu PRa Salimah Ragajaya.

Selain itu, kata Tri, trik lain yang dia jalankan untuk meningkatkan omzet adalah dengan memberikan diskon kepada para reseller.

"Kami memberikan diskon 10% kepada reseller dengan minimal pemesanan 10 pcs produk Salimah Food, di luar produk Sembako ya," katanya.

Trik yang terakhir yang Ia lakukan adalah memperbanyak sedekah. Tri mengatakan bahwa konsep sedekah itu sejatinya kembali kepada diri kita sendiri. 

"Saya yakin apa yang kita keluarkan untuk sedekah, sejatinya akan kembali lagi kepada kita. Jadi, kalau mau menyuburkan rezeki, ya tinggal sedekah saja," ujar wanita yang diketahui mempunyai 60 orang binaan anak yatim dan dhuafa tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement