Sabtu 18 Nov 2023 13:47 WIB

Peduli Palestina, PT Es Teh Salurkan Infak Rp 100 Juta melalui Baznas

Baznas juga berencana mendirikan posko di Palestina usai Israel hentikan serangan

PT Es Teh Indonesia menyalurkan infak kemanusiaan untuk Palestina melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI, sebesar Rp100 juta, sebagai wujud kepedulian dan solidaritas untuk rakyat di Gaza Palestina.
Foto: Dok Baznas
PT Es Teh Indonesia menyalurkan infak kemanusiaan untuk Palestina melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI, sebesar Rp100 juta, sebagai wujud kepedulian dan solidaritas untuk rakyat di Gaza Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Es Teh Indonesia menyalurkan infak kemanusiaan untuk Palestina melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI, sebesar Rp100 juta, sebagai wujud kepedulian dan solidaritas untuk rakyat di Gaza Palestina.

Penyaluran infak diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT Es Teh Indonesia, Haidar Hibatullah Wurjanto dan diterima Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan.

"Amanah yang diberikan kepada Baznas  merupakan sebuah kepercayaan kepada kami untuk dapat menyalurkan infak tersebut ke Palestina. Untuk menjaga kepercayaan tersebut, Baznas memastikan penyaluran dilakukan secara transparan dan akuntabel," kata Rizaludin di Gedung Baznas RI, Jumat (17/11/2023).

Rizaludin menjelaskan, infak yang diterima dari PT Es Teh Indonesia akan disalurkan pada tahap berikutnya. Dalam pengiriman bantuan, Baznas bekerja sama dengan pemerintah, yakni Kementrian Luar Negeri dan TNI.

"Baznas telah menyalurkan infak kemanusiaan ke Palestina. Tahap pertama, bantuan diterima oleh masyarakat Gaza. Tahap kedua akan disalurkan bantuan dengan berat 50 ton yang terdiri dari selimut, pakaian dan kebutuhan-kebutuhan ibu dan anak. Bantuan tersebut akan dikirim oleh TNI AL dengan menggunakan kapal, di antaranya kapal rumah sakit," ungkapnya.

Rizaludin menambahkan, Baznas berencana untuk bekerja sama dengan beberapa lembaga filantropi yang ada di Mesir yakni Misr Al Kheyr, Bayt Zakat, dan Egyptian Red Crescent (ERC).

"Jika di Palestina sudah aman dari serangan Israel, Baznas juga berencana mendirikan posko di Palestina untuk membantu masyarakat paska serangan zionis," katanya.

"Tahap berikutnya kita akan melakukan kerja sama agar bisa belanja di daerah yang terdekat dengan Palestina. Hal tersebut dilakukan karena biaya pengiriman cukup besar," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Es Teh Indonesia, Haidar Hibatullah Wurjanto menyampaikan terima kasih kepada Baznas yang menyalurkan infak kemanusian untuk Palestina. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan masyarakat Palestina yang bertahan dalam serangan Israel.

"PT Es Teh Indonesia mengharapkan agar serangan dari Israel dapat dihentikan. Sehingga masyarakat di Palestina dapat hidup dengan damai," harapnya.

Dia menjelaskan, PT. Es Teh Indonesia adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang minimun di tanah air. Perusahaan yang memiliki jaringan dan gerai diseluruh Indonesia ini berencana akan berkolaborasi kembali dalam masa pemulihan pasca-serangan Israel.

"Infak ini merupakan berasal dari keuntungan dan program CSR. Ke depan kita pasti kembali salurkan bantuan serta berkolaborasi dengan Baznas, sebab menjadi lembaga yang sangat terpercaya," tuturnya.

Baznas masih terus membuka dan menerima berbagai bantuan kemanusian untuk Palestina. Bantuan dapat disalurkan langsung ke Gedung Baznas atau pula melalui transfet ke rekening BSI dengan no 100.426.6893 dan bisa pula melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement