Jumat 10 Nov 2023 14:58 WIB

Khatib Perlu Sampaikan Dua Hal Ini tentang Palestina

Sesuai dengan ajaran Islam harus membantu saudara sesama Muslim.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ratusan orang berpartisipasi dalam pawai mendukung kebebasan rakyat Palestina dan menentang pengeboman Israel di Gaza di San Jose, Kosta Rika, 9 November 2023.
Foto:

Kedua, yang bisa dilakukan Muslim Indonesia diantaranya sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jika kamu melihat kemungkaran, maka ubahlah dengan tanganmu, jika tidak mampu, maka dengan mulutmu, jika juga tidak mampu, maka dengan hatimu."

"Melawan dengan tangan sering diartikan sebagai penggunaan kekuatan melawan yang mungkar. Ini ranah negara yang punya senjata. Namun negara-negara Islam yang jumlahnya banyak, tidak mampu atau takut gunakan senjata melawan Israel, karena negeri (Israel) ini dibela oleh superpower (Amerika)," ujar Buya Bunyan.

Buya Bunyan menyampaikan opsi bagi umat Islam untuk melawan Israel. Di antaranya dengan tangan dan mulut dalam arti menggunakan tangan melalui gawai dan menyeru dengan mulut untuk melawan kemungkaran Israel dan menganjurkan kebaikan bantu Palestina.

 

"Memberi bantuan kemanusiaan (harta dan tenaga), dan menggunakan hati untuk mendoakan bangsa Palestina berhasil dalam perjuangkan mencapai kemerdekaan," kata Buya Bunyan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement