Jumat 10 Nov 2023 10:54 WIB

MUI Ingatkan Pentingnya Khutbah Jumat Tentang Palestina

Khutbah jumat bertema Palestina dianjurkan untuk diangkat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
MUI Ingatkan Pentingnya Khutbah Jumat tentang Palestina. Foto:   Ketua Komisi Dakwah Majelis MUI KH Ahmad Zubaidi
Foto: Republika/Thoudy Badai
MUI Ingatkan Pentingnya Khutbah Jumat tentang Palestina. Foto: Ketua Komisi Dakwah Majelis MUI KH Ahmad Zubaidi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Komisi Dakwah MUI mengingatkan pentingnya khatib-khatib sholat Jumat untuk mengangkat tema tentang Palestina. Supaya masyarakat Indonesia lebih memiliki pemahaman yang benar tentang Palestina yang sedang dijajah Israel.

Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Ahmad Zubaidi mengatakan, khatib sholat Jumat perlu mengangkat tema tentang Palestina dalam konteks membangun solidaritas umat Islam. Supaya umat Islam Indonesia turut membantu Palestina secara material melalui lembaga-lembaga yang kredible dan benar, misalnya melalui MUI.

Baca Juga

"Juga tentu (supaya umat Islam Indonesia) mendoakan supaya di Palestina khususnya di Gaza supaya damai, supaya Israel segera menarik pasukannya dan tidak melakukan kekerasan maupun bombardir ke Gaza," kata Kiai Zubaidi kepada Republika, Jumat (10/11/2023).

Komis Dakwah MUI mengajak semua pihak, mari doakan supaya Israel segera mundur dari Gaza, Palestina. Kedepannya, mari doakan supaya Palestina bisa merdeka sepenuhnya dan diakui bahwa bangsa Palestina adalah bangsa yang merdeka.

 

"Kita juga perlu membangun persepsi kepada masyarakat tentang bagaimana kita memahami Palestina yang benar, karena bagaimanapun banyak perang urat saraf di media sosial, kalau kita tidak selektif seolah-olah para pejuang Palestina yang disalahkan terutama Hamas dicap sebagai teroris," ujar Kiai Zubaidi.

Kiai Zubaidi menegaskan, padahal pejuang Palestina termasuk Hamas adalah orang yang sedang memperjuangkan hak-haknya atas negara yang dimilikinya yakni Palestina. Sebagaimana diketahui, wilayah Palestina ini sedang dicaplok atau dijajah Israel.

"Maka jangan diputar balikan seolah-olah Israel yang menjadi korban dari serangan Hamas," ujar Kiai Zubaidi.

Ia mengingatkan, di sinilah pentingnya khatib sholat Jumat membangun solidaritas untuk membantu saudara-saudara di Palestina. Juga untuk mendoakan supaya mereka terbebas dari penjajahan dan kezaliman yang dilakukan oleh tentara Israel.

"Doakan juga supaya bangsa Palestina cepat mendapatkan kemerdekaan seutuhnya," kata Kiai Zubaidi. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement