Ahad 05 Nov 2023 12:40 WIB

Jusuf Kalla Serukan Negara-Negara Arab Bersatu demi Kemerdekaan Palestina

Aksi akbar bela Palestina di Monas Jakarta menuntut agar perang segera dihentikan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Suasana Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di kawasan Monas, Jakarta, Ahad (5/11/2023). Aksi tersebut menuntut agar konflik antara Palestina dan Israel segera dihentikan dan dilakukan penyelidikan internasional atas kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel untuk diajukan ke Mahkamah Internasional. Mereka juga menentang keras penjajahan Israel atas Palestina dan mengecam keras politik apartheid, genosida dan holokaus serta terorisme yang terus dilakukan Israel. Hal ini adalah demi kemanusiaan perdamaian dan keadilan. Dalam pernyataannya, Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina, demi kemanusiaan yang adil dan beradab, menyatakan sikap atas Tragedi Kemanusiaan terhadap Gaza, Palestina akibat agresi, kekejaman dan kezaliman Zionis Israel.
Foto:

JK juga menyerukan bahwa rakyat palestina harus bersatu. Sebab tanpa persatuan, rakyat di Palestina dan perjuangan mereka tidak akan berhasil.

"Kita semua di sini doakan semoga semua ini berakhir. Kedamaian akan kita capai, dan semua akan kembali pada kemerdekaan yang kita cita-citakan. Terima kasih Allahuakbar, Allahuakbar," kata JK yang mengakhiri pernyataannya dengan takbir.

Aksi akbar bela Palestina di Monas Jakarta menuntut agar perang segera dihentikan. Selain itu, agar dilakukan penyelidikan internasional atas kejahatan kemanusiaan dan perang oleh Israel untuk diajukan ke Mahkamah Internasional.

Selanjutnya, demi kemanusiaan, perdamaian dan keadilan, menentang keras penjajahan Israel atas Palestina, dan mengecam keras politik apartheid, genosida, holocaust serta terorisme yang terus dilakukan Israel.

"Maka kami menyerukan kepada pemerintah negara-negara Islam/Arab untuk membatalkan hubungan diplomatik dan/atau tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel sampai Negara Palestina yang merdeka dan berdaulat berdiri tegak," kata pernyataan tersebut.

photo
Negara-negara yang abstain, mendukung, dan menolak resolusi gencatan senjata di Gaza. - (Tim Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement