Kamis 02 Nov 2023 15:24 WIB

Muhammadiyah Serahkan Bantuan Kemanusiaan Rp 13 Miliar ke Palestina

Pengumpulan dana untuk Palestina merupakan bentuk keprihatinan Muhammadiyah.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Muhammad Hafil
 Muhammadiyah Serahkan Bantuan Kemanusiaan Rp 13 Miliar ke Palestina. Foto:   (ilustrasi) logo lazismu muhammadiyah
Foto: tangkapan layar filantropi indonesia
Muhammadiyah Serahkan Bantuan Kemanusiaan Rp 13 Miliar ke Palestina. Foto: (ilustrasi) logo lazismu muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bantuan kemanusiaan untuk Palestina yang berhasil dihimpun Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah  terkumpul sebanyak Rp 13 Miliar. PP Muhammadiyah secara simbolis menyerahkan bantuan rakyat Indonesia untuk Palestina yang dihimpun di Lazismu melalui Muhammadiyah Aid ke mitra lokal di Palestina.

"Kami PP Muhammadiyah menyampaikan terima kasih kepada seluruh keluarga besar persyarikatan dan para simpatisan, serta seluruh keluarga yang memberikan keprihatinan untuk Palestina,” kata Haedar dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Kamis (2/11/2023).

Baca Juga

Sebelumnya PP Muhamadiyah juga telah menyerahkan bantuan sebesar Rp 27 Miliar yang dikumpulkan dari 2018 sampai sebelum perang kembali pecah di tahun 2023. Sehingga total bantuan yang telah diserahkan di dua periode ini sebesar Rp 40 Miliar.

Haedar mengatakan dana yang terkumpul akan diserahkan dalam berbagai bentuk barang dan program kemanusiaan. Penggalangan dana periode kedua untuk Palestina ini sementara dicukupkan, dan akan bersambung dengan penggalangan untuk program-program lain.

"Kami selain mengembangkan dan mengumpulkan dana untuk charity, kedermawanan, juga ke depan akan terus melakukan program empowerment dan resolusi konflik," ucap Haedar.

Adapun teknis penyerahan bantuan Muhammadiyah ke Palestina, Haedar menyebut memakai beberapa skema. Pertama melalui mitra-mitra lokal yang sudah bergabung dalam program  sebelumnya. Mitra-mitra lokal dapat menyalurkan bantuan dari stok obat dan makanan yang dikirim dari daerah-daerah di Palestina luar kota Gaza. 

Kedua dengan mengirimkan bantuan dari Indonesia yang berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia yang akan mengirim bantuan melalui mesir dan palang merah. Bantuan melalui Pemerintah Indonesia akan diberangkatkan akhir pekan ini. 

Muhammadiyah akan mengirimkan bantuan berupa 2400 kaleng RendangMu dan 600 paket Family Kit yang berisi Selimut, handuk dan pakaian dalam. Untuk pengiriman barang akan dilakukan dengan menggunakan Pesawat Hercules menuju Mesir dan akan diserahkan melalui palang merah oleh pemerintah sebagai bagian pengiriman bantuan Rakyat Indonesia untuk Palestina.

Pengiriman bantuan yang akan diberangkatkan dari Halim Perdana Kusuma ini akan dilepas langsung oleh Presiden RI.

Selain itu Haedar juga mengapresiasi sikap Pemerintah Indonesia untuk Palestina. Ia menilai pernyataan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi di PBB menjadi bukti sikap tegas, kokoh, dan istiqomah Indonesia dalam membela Palestina dan mengutuk agresi dan penjajahan Israel.

“Kami sekali lagi memaklumatkan bahwa pengumpulan dana untuk Palestina merupakan bentuk keprihatinan Muhammadiyah, dan nanti kami harapkan berbagai pihak untuk melakukan gerakan yang sama," ungkapnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement