Selasa 31 Oct 2023 21:57 WIB

Syafruddin Kambo Bahas Perdamaian dengan Sekjen Liga Muslim Dunia

Syaikh Al-Isa menilai Indonesia menjadi contoh negara sukses mengelola keragaman.

Ketua ASFA Foundation Syafruddin Kambo bertemu dengan Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syaikh Muhammad Abdul Karim Al-Isa di kantornya, Riyadh, pada Selasa (31/10/2023).
Foto: dok pribadi
Ketua ASFA Foundation Syafruddin Kambo bertemu dengan Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syaikh Muhammad Abdul Karim Al-Isa di kantornya, Riyadh, pada Selasa (31/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua ASFA Foundation Syafruddin Kambo bertemu dengan Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syaikh Muhammad Abdul Karim Al-Isa di kantornya, Riyadh, pada Selasa (31/10/2023). Pertemuan keduanya membahas perdamaian dunia, pendidikan, dan kemanusiaan.

Selain itu, secara khusus, Syafruddin yang juga Waketum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini bersama Syaikh Abdul Karim Al-Isa juga membahas rencana penyelenggaraan Konferensi Cendekiawan Muskim Dunia. Rencananya, konferensi ini akan dihadiri para tokoh etnis dan agama dari belahan dunia.

Baca Juga

Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Syafruddin mengapresiasi peran Rabithah dalam konteks perdamaian dunia dan kerja sama-kerja sama antarbudaya. Keduanya juga sepakat tentang pentingnya menjalin kerja sama dalam rangka percepatan sumber daya manusia unggul umat Islam, khususnya di Indonesia.

Sementara, Syaikh Al-Isa menyatakan Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia menjadi contoh negara yang berhasil mengelola keragaman. Menurutnya, Indonesia berhasil menciptakan harmoni dalam kehidupan masyarakatnya.

 

Perjalanan Syafruddin yang juga Wakil Presiden Dunia Melayu Dunia Islam ke Mesir dan Saudi Arabia membawa misi perdamaian dan persaudaraan. Sehari sebelumnya, Syafruddin berada di Universitas Al-Azhar dalam rangka memberikan keynote speech pada acara wisuda mahasiswa internasional bersama para ulama dan guru besar di Kairo.

Ikut hadir dalam pertemuan Sekjen Forum Pesantren Alumni Gontor KH Anang Rikza, Wasekjen MUI Hasan Ali Bahar, Wasekjen DMI KH Anizar Masyhadi, dan Sekretaris Eksekutif ASFA Foundation Pangeran Arsyad.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement