Rabu 01 Nov 2023 01:10 WIB

Baznas Ajak Masyarakat Berdonasi untuk Palestina

Baznas telah menerima bantuan untuk Palestina dari tiga lembaga amil zakat (LAZ).

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan brand peduli Covid-19 dengan memberikan tanda jarak antarhuruf pada logo resmi yang saat ini digunakan.
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan brand peduli Covid-19 dengan memberikan tanda jarak antarhuruf pada logo resmi yang saat ini digunakan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Baznas mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada di bawah serangan Israel. Baznas juga bekerja sama dengan mitra LAZ dan mitra pengumpulan perorangan di seluruh Indonesia, untuk mengumpulkan donasi bagi warga Palestina.

Hari ini, Baznas telah menerima bantuan untuk Palestina dari tiga lembaga amil zakat (LAZ). Di antaranya, Laznas Rumah Zakat Indonesia menyerahkan donasi infak kemanusiaan Palestina sebesar Rp 200 juta, Laznas Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma) sebesar Rp 200 juta, dan Laz Cahaya Qur'an Rabbani sebesar Rp 100 juta.

Baca Juga

"Baznas bersama LAZ, insha Allah akan bahu membahu hadir untuk Palestina. Baznas akan memastikan dan menjaga amanah muzaki melalui penyaluran yang transparan kepada mustahik dengan prinsip tiga Aman Baznas, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI," ujar Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan, di gedung Baznas RI, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

"Besok kita juga ada rapat dengan Kemenlu, terus berkoordinasi dengan pemerintah mesir dan akses-akses  kita yang ada di Mesir, karena akan mencoba masuk secepatnya ke Gaza lewat Rafah, sudah kita kondisikan, malam juga kita komunikasi terus dan kita mungkin juga akan bekerjasama dengan baituz zakat wa shodaqoh Mesir, di bawah al azhar," terang Rizaludin.

Rizaludin mengatakan, dalam waktu dekat ini Baznas akan mengirimkan bantuan tahap pertama untuk Palestina senilai Rp 3 miliar. Bantuan itu akan disalurkan melalui jalur Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar RI di Kairo, Mesir melalui jalur Rafah.

Rizaludin berharap, kerjasama Baznas dengan seluruh mitra LAZ, dalam mengumpulkan donasi bagi warga Palestina, dapat meringankan beban mereka yang terkena dampak dari agresi militer Israel.

Priority Customer Director LAZNAS Rumah Zakat Indonesia, Ali Mujianto, menyampaikan komitmennya untuk peduli terhadap sesama, termasuk membantu masyarakat Palestina. Ali berharap, bantuan yang diberikan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Palestina. Ia juga percaya, bantuan yang disalurkan dapat diberikan secara tepat sasaran dan efektif sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Palestina.

Pembina YAKESMA, Wahyudi, mengaku yakin kepada Baznas bahwa penyaluran donasi ini akan tepat sasaran. "Donasi ini merupakan tahap pertama dari LAZNAS YAKESMA untuk masyarakat Palestina, dan alhamdulillah telah terkumpul Rp 200 juta. Insya Allah kami akan lebih lanjut mengajak masyarakat untuk bersama-sama membantu Palestina," ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Pengumpulan LAZ Cahaya Qur'an Rabbani, Fikar Rahmandani mengatakan, pihaknya mempercayakan infaq kemanusiaan Palestina kepada Baznas, karena Baznas merupakan lembaga resmi pemerintah. Fikar berharap, donasi yang diberikan dapat membantu masyarakat Palestina. Dia juga mendoakan agar kaum Muslimin di Gaza, Palestina mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Rizaludin menambahkan, bahwa ini merupakan kolaborasi bersama dalam memberikan bantuan ke Gaza, Palestina. Dia juga menyampaikan, bahwa bantuan ini rencananya disalurkan dalam beberapa tahap. Untuk tahap pertama BAZNAS menyiapkan bantuan senilai Rp 3 miliar. Bantuan akan dikirim dalam bentuk paket makanan, bahan bakar dan kebutuhan dasar masyarakat Palestina.

BAZNAS mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada di bawah serangan Israel. Bantuan dapat disalurkan melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam atau transfer ke rekening BSI 100.426.6893.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement