Selasa 31 Oct 2023 16:22 WIB

Mengintip Fitur Aplikasi Tafsir Al-Mishbah Agar Mudah Memahami Alquran

Aplikasi ini menyasar peneliti dan pemula yang pertama kali membaca tafsir.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Aplikasi Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab resmi diluncurkan di Jakarta, Selasa (31/10/2023).
Foto: Republika/Umar Mukhtar
Aplikasi Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab resmi diluncurkan di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penasihat Teknologi Aplikasi Tafsir Al-Mishbah Arkka Dhiratara menyampaikan penjelasan tentang keunggulan Aplikasi Tafsir Al-Mishbah dan bagaimana cara menggunakannya.

Dia mengatakan Tafsir Al-Mishbah jika dilihat dari karakteristiknya cenderung bagi kalangan peneliti yang telah memiliki basis pengetahuan. Bagi orang yang baru ingin belajar atau pemula, akan bingung harus memulainya dari mana.

Baca Juga

Karena itu, Arkka beserta tim merancang agar Aplikasi Tafsir Al-Mishbah ini bisa digunakan berdasarkan tematik. "Orang-orang itu suka kalau sifatnya tematik. Misalnya, hari ini bahas apa, besok bahas apa," kata dia dalam peluncuran Aplikasi Tafsir Al-Mishbah di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Aplikasi ini memuat kitab Tafsir Al-Mishbah dari dua sudut pandang, yakni secara ayat dan topik. Dengan demikian, kalangan pemula yang baru ingin belajar bisa fokus mencari topik sesuai kebutuhan mereka.

 

"Ada dua segmen yang disasar. Peneliti dan pemula yang baru pertama kali mau baca tafsir," tuturnya.

Arkka memaparkan aplikasi Tafsir Al-Mishbah berisi beragam fitur unggul untuk mempermudah para pengguna. Di antaranya menu topik disertai subtopik dengan kedalaman yang berbeda-beda, tergantung pada topik masing-masing.

Semua topik dalam kitab Tafsir Al-Mishbah terangkum dalam aplikasi tersebut. Mulai dari soal ikhlas, kepemimpinan, politik hingga topik-topik menarik lainnya.

Selain itu, aplikasi tersebut juga memiliki fitur pencarian untuk memberi kemudahan saat mencari suatu topik berdasarkan kata kunci tertentu. Kata kunci yang diinginkan cukup diketik di aplikasi, lalu akan muncul topik-topik, surat, ayat dan tafsir berdasarkan kata kunci yang diketik. Fitur pencarian ini memungkinkan pengguna untuk melakukan eksplorasi.

"Fitur pencarian ini pada dasarnya, jika kita tertarik dengan kata kunci tertentu maka kita tinggal masukkan ke aplikasi, maka aplikasi itu akan mengeluarkan misalnya ini ada di tema apa saja, ada di surat atau ayat mana saja, atau ada di tafsir mana saja. Jadi bisa eksplorasi sendiri," kata Arkka.

Menariknya lagi, pengguna aplikasi Tafsir Al-Mishbah juga bisa menandai pembahasan tafsir dalam aplikasi. Sebab, di dalamnya ada fitur bookmark yang bermanfaat untuk memberi kemudahan saat ingin kembali ke pembahasan ayat. Aplikasi ini juga menyimpan ayat yang terakhir dibuka oleh pengguna.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement