Senin 30 Oct 2023 16:01 WIB

Pola Parenting Didik Anak Jalan Wujudkan SDM Unggul

Kemenag HSU mendorong keluarga terapkan pola parenting untuk wujudkan SDM unggul.

Ilustrasi kegiatan yang mendorong SDM unggul.
Foto: Republika.co.id
Ilustrasi kegiatan yang mendorong SDM unggul.

REPUBLIKA.CO.ID, HULU SUNGAI UTARA -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara (Kemenag HSU) Kalimantan Selatan (Kalsel) menekankan pentingnya bagi orang tua memahami pola parenting dalam mendidik anak untuk menjaga tumbuh kembang kesehatan dan mental seorang anak.

“Karakter anak berkembang dimulai dari pengaruh lingkungan keluarganya, jadi pendidikan awal seorang anak tergantung dari orang tua,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten HSU Matnor di Hulu Sungai Utara, Kalsel, Ahad (30/10/2023).

Baca Juga

Peran orang tua sangat berpengaruh sebelum anak beradaptasi dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya sejak lahir hingga kemudian bertumbuh dan bertambah usai menyesuaikan diri ke lingkungan sekolah sampai bertumbuh menjadi dewasa.

“Orang tua harus menjaga pola kesehatan anak sejak dini agar akal sehatnya bertumbuh positif mulai dari bayi sehingga pemikirannya berkembang dengan mudah setelah dewasa,” ujarnya.

 

Matnor menjelaskan menjaga kesehatan mental anak sejak bayi merupakan bagian integral sebagai permulaan cara mendidik anak dengan baik sebelum dikenalkan dengan lingkungan.

Dia menuturkan, pemerintah daerah berkomitmen mendorong para orang tua memahami dengan benar pola parenting dalam mendidik anak.

Sebagai upaya menyosialisasikan tentang pemahaman parenting, pihaknya memberikan materi pada kegiatan Seminar Parenting di salah satu sekolah menengah atas sederajat kabupaten setempat pada Sabtu (28/10) kemarin yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun.

Para peserta seminar berasal dari berbagai latar belakang. Pada kesempatan itu, pihaknya mengajak para orang tua memberikan pendidikan yang berkualitas kepada anak-anak dengan harapan generasi yang akan datang mampu menghadapi tantangan global.

Matnor menuturkan, beberapa tahapan mendidik yang harus diberikan kepada anak, yakni memberikan perhatian, dukungan atas apa yang diraih anak, dan kasih sayang yang sewajarnya.

“Sebagai orang tua, kita tidak boleh lalai sedikitpun. Yang paling terpenting adalah metode yang baik harus kita lakukan sehari-hari agar karakter anak tumbuh positif,” ujar dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement