Rabu 25 Oct 2023 14:59 WIB

Israel Marah Disebut Melakukan Pelanggaran Internasional oleh PBB

Guterres memperingatkan terhadap hukuman kolektif terhadap warga Palestina.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.
Foto:

Membantah mengikat kekerasan dengan pendudukan, Cohen mengatakan Israel memberikan Gaza kepada Palestina sampai milimeter terakhir dengan penarikannya pada 2005. Israel tak lama kemudian memberlakukan blokade wilayah miskin, di tempat sejak itu, setelah Hamas mengambil alih kekuasaan, dan masih menempati Tepi Barat.

Duta besar Israel untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa Gilad Erdan meminta Guterres untuk mengundurkan diri, menulis di X. Gilad Erdan menyebut kepala PBB telah mengekspresikan pemahaman untuk terorisme dan pembunuhan.

Militan Hamas menyerbu Israel pada 7 Oktober dan menyerang sebagian besar target sipil termasuk keluarga dan festival musik, menewaskan sedikitnya 1.400 orang dan menyandera lebih dari 220, menurut pejabat Israel.

Lebih dari 5.700 warga Palestina, juga sebagian besar warga sipil, telah terbunuh di seluruh Jalur Gaza dalam pemboman balasan Israel, kata kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di wilayah itu.

Guterres, yang secara pribadi melakukan perjalanan ke penyeberangan antara Mesir dan Gaza dalam upaya untuk memberikan bantuan, menyambut baik masuknya tiga konvoi bantuan sejauh ini melalui penyeberangan Rafah. Tetapi Guterres mengatakan, bahwa ini hanya setetes bantuan dari luasanya lautan yang membutuhkan.

Ia memperingatkan untuk menghentikan pekerjaan pada Rabu karena kekurangan bahan bakar. "Untuk meringankan penderitaan epik, membuat pengiriman bantuan lebih mudah dan aman, dan memfasilitasi pembebasan sandera, saya mengulangi seruan saya untuk gencatan senjata kemanusiaan segera," katanya.

Israel, didukung oleh Amerika Serikat, telah menolak seruan untuk menghentikan serangan, dengan mengatakan itu hanya akan memungkinkan Hamas untuk berkumpul kembali.

Amerika Serikat minggu lalu memveto...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement