Ahad 22 Oct 2023 16:09 WIB

Menanti Kekalahan Yahudi Kedua Kalinya di Palestina yang Dijanjikan Allah SWT

Allah SWT janjikan kekalahan kedua kalinya untuk Yahudi

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem. Allah SWT janjikan kekalahan kedua kalinya untuk Yahudi
Foto: AP Photo/Mahmoud Illean
Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem. Allah SWT janjikan kekalahan kedua kalinya untuk Yahudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pasukan militer Israel masih terus melancarkan serangan bertubi-tubi ke pemukiman warga Palestina di jalur Gaza, Palestina.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Palestina hingga Sabtu (21/112023) sekitar 4.137 warga Palestina tewas dan lebih dari 13.000 mengalami luka-luka. 

Baca Juga

Akan tetapi rakyat Palestina dan umat Muslim di berbagai belahan dunia memiliki keyakinan bahwa kelak akan tiba waktunya kaum zionis Yahudi Israel mengalami kekalahan dan kehancuran sebagaimana yang pernah mereka alami di masa lalu. Lalu kapan waktunya? Allah SWT berfirman: 

…. فَاِذَا جَاۤءَ وَعْدُ الْاٰخِرَةِ لِيَسٗۤـُٔوْا وُجُوْهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوْهُ اَوَّلَ مَرَّةٍ وَّلِيُتَبِّرُوْا مَا عَلَوْا تَتْبِيْرًا

Artinya: …. Apabila datang saat (kerusakan) yang kedua, (Kami bangkitkan musuhmu) untuk menyuramkan wajahmu, untuk memasuki masjid (Baitulmaqdis) sebagaimana memasukinya ketika pertama kali, dan untuk membinasakan apa saja yang mereka kuasai.” (QS al-Isra ayat 7). 

Ayat di atas merupakan sebagian dari surat Al Isra ayat 7. Ayat ini juga yang menjadi salah satu motivasi para pejuang dan rakyat Palestina untuk meraih kemerdekaannya. Sebab pada ayat ini Allah ta'ala menginformasikan tentang kekalahan yang akan dialami oleh kaum Yahudi di tanah Palestina. 

Ibnu Katsir dalam tafsir Al-Quran al-Adhim menjelaskan bahwa Bani Israil akan membuat kerusakan di muka bumi sebanyak dua kali, berbuat sewenang-wenang dan melakukan perbuatan keji. 

Maka dua kali pula, orang-orang Yahudi itu akan mendapatkan hukuman dari kesewenang-wenangan dan perbuatan keji yang dilakukan mereka. 

Maka setelah melakukan tindakan pengrusakan yang pertama itu, Allah  SWT mendatangkan hamba yang memiliki kekuatan besar. Para mufasir berbeda pendapat tentang orang-orang yang mempunyai kekuatan besar itu. 

Ibnu Abbas dan Qatadah menjelaskan bahwa itu adalah jalur al-Jazari dan bala tentaranya yang menguasai Bani Israil sebagai bencana yang pertama. Namun Sa'id bin Jubair menjelaskan bahwa yang dimaksud adalah raja Moshil, Sanjarib dan bala tentaranya. Ada juga yang berpendapat bahwa yang dimaksud adalah Bukhtanashar raja Babilonia. wallahu'alam. 

Baca juga: Daftar Produk-Produk Israel yang Diserukan untuk Diboikot, Cek Listnya Berikut Ini

Dan setelah itu, ketika mereka yakni kaum Yahudi  kembali melakukan tindakan keji untuk kedua kalinya maka Allah SWT memberikan kepada mereka hukuman yang kedua kepada mereka. Maka mereka akan terhina dan dikalahkan. 

وقوله (فإذا جاء وعد الآخرة) أي: المرة الآخرة ، أي: إذا أفسدتم المرة الثانية وجاء أعداؤكم (لِيَسٗۤـُٔوْا وُجُوْهَكُمْ) أي: يهينو كم ويقهروكم (وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ) اي بيت المقدس ( كَمَا دَخَلُوْهُ اَوَّلَ مَرَّةٍ) اي: في التي جاسوا فيها خلال الديار (وَّلِيُتَبِّرُوْا) اي: يدمروا ويخربوا (مَا عَلَوْا) اي: ماظهروا عليه (تَتْبِيْرًا) 

Artinya: “Dan firman-Nya (Dan apabila datang saat hukuman bagi kejahatan yang kedua) yakni untuk kali yang terakhir, yakni jika kalian (Bani Israil) merusak untuk kedua kalinya dan datang musuh-musuh kalian. (Kami datangkan orang-orang lain atau kami bangkitkan musuhmu untuk menyuramkan wajahmu) yakni mereka akan menghinakan dan mengalahkan kalian. (Dan mereka masuk ke dalam masjid) yaitu Baitul Maqdis. (Sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama) yakni pada giliran di mana mereka merajalela di kampung-kampung (untuk membinasakan) yakni menghancurkan dan meluluh lantakkan, (apa saja yang mereka kuasai) yakni apa yang tampak sehabis-habisnya.”(Lihat tafsir Al-Quran al-Adhim karya Ibnu Katsir, cetakan Dar Thayyibah linnasyri wa Tauzi, Saudi, jilid 5 halaman 48).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement