Jumat 20 Oct 2023 17:05 WIB

Dukung Israel, Aktivis Pro-Palestina Lauren Booth Minta Justin Bieber Diam

Serangan Israel disebut bukanlah pembelaan diri terhadap Hamas.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Warga Aljazair melakukan aksi solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza setelah ledakan mematikan di rumah sakit Al Ahli, di Algiers, Aljazair, Kamis, (19/10/2023).
Foto:

Sebagaimana definisi penjara, itu adalah tempat para penjahat ditahan. Ketika Gaza disebut sebagai penjara, berarti semua orang yang ada di dalamnya adalah penjahat Palestina. Padahal, mereka tidak pernah melakukan kejahatan dan tidak bisa dipenjara oleh negara.

Kedua, di dalam lapas setidaknya mereka mendapat makan tiga kali sehari, berhak mendapat pelayanan kesehatan, serta harus mendapat air bersih. Hal penting lainnya adalah mereka mendapat kesempatan dikunjungi saudara atau kerabat dari luar.

"Tak satu pun dari hal ini berlaku bagi masyarakat Gaza, yang selama 16 tahun berada di bawah pengepungan ilegal. Orang-orang tampaknya tidak mengerti apa maksudnya," lanjut dia.

Booth lantas membagikan pengalamannya saat berada di kapal dari Siprus menuju Gaza, yang harus melalui blokade laut Israel. Hal itu disebut sebagai satu-satunya cara bagi seseorang bisa sampai ke Gaza.

Sementara, bagi pelaut Gaza yang berusaha mengambil kekayaan alamnya secara teratur dibom. Hukum internasional yang ada seolah tidak berguna. Tidak ada cara bagi rakyat Palestina untuk masuk maupun keluar. Tidak ada bandara, sistem kereta api, maupun bus yang dapat membawa mereka berpindah tempat.

"Oleh karena itu, definisi kamp konsentrasi adalah sebuah ruang di mana laki-laki, perempuan dan anak-anak dijejali dalam kondisi tertindas oleh kekuatan eksternal. Hal ini semata-mata karena keyakinan politik, keyakinan agama, pandangan, etnis," ujar Booth.

Terakhir, ia menyebut rakyat Palestina selalu diperlakukan dengan kasar oleh pasukan dan pemerintah zionis Israel. Hal itu pula yang dialami dan dijalani masyarakat Gaza saat ini, ada Yahudi Zionis yang mengebom kamp konsentrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement