Jumat 13 Oct 2023 07:25 WIB

Muhammad Luthfi Temui Gus Kautsar dan Minta Nasihat KH Nurul Huda Djazuli

Muhammad Luthfi sowan ke sejumlah kiai di Jawa Timur.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Pengusaha muslim sekaligus Mantan Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi sowan kepada Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri, KH Nurul Huda Djazuli dan putranya, KH Muhammad Abdurrahman Al Kautsar (Gus Kautsar) pada Kamis (12/10/2023).
Foto: Republika/Muhyiddin
Pengusaha muslim sekaligus Mantan Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi sowan kepada Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri, KH Nurul Huda Djazuli dan putranya, KH Muhammad Abdurrahman Al Kautsar (Gus Kautsar) pada Kamis (12/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Pengusaha Muslim, Muhammad Lutfi, melakukan safari ke Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Modjo, Kediri, Jawa Timur, Kamis (12/10/2023). Mantan menteri perdagangan RI ini disambut hangat oleh pimpinan Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri, KH Muhammad Abdurrahman Al Kautsar (Gus Kautsar). 

Lutfi bersama rombongannya tiba di pesantren ini sekitar pukul 19.00 WIB. Setelah berbincang dengan Gus Kautsar, tak lama kemudian datanglah ayah Gus Kaustar, yaitu KH Nurul Huda Djazuli. 

Baca Juga

Dalam pertemuan itu, Lutfi pun meminta nasihat dan arahannya kepada kakak kandung almarhum KH Chamim Djazuli (Gus Miek) tersebut. "Jadi kita mau minta nasihat kiai," ujar Lutfi kepada ulama NU berusia 93 tahun itu.

Lutfi juga sempat menanyakan kesehatan Kiai Nurul Huda yang duduk di atas kursi roda. Meskipun sudah berusia hampir satu abad, ia tampak masih lancar dalam berbicara. Ia hanya memiliki masalah dalam persendiannya.

 

"Ya sesehat-sehatnya saya, saya sudah tua," ucap Kiai Nurul Huda.

Perbincangan Lutfi, Gus Kautsar, dan Kiai Nurul Huda berlangsung seru. Mereka membahas berbagai masalah di negeri ini, termasuk di bidang dakwah. Gus Kautsar juga sempat mempertanyakan penyebaran paham radikal di masjid-masjid yang ada di kantor-kantor kementerian.

Untuk pertama kalinya, Gus Kautsar bertemu dengan Lutfi. Gus Kautsar mengaku senang dan bangga atas kedatangan Lutfi dan rombongannya ke Pondok Pesantren Al Falah. Dia pun berharap para santri bisa mengikuti jejak Lutfi sebagai pengusaha sukses ataupun akademisi. 

"Saya senang Pak Lutfi bisa datang ke sini," kata Gus Kautsar. 

Di akhir pertemuan ini, Lutfi tak lupa minta didoakan kepada Kiai Nurul Huda Djazuli agar diberikan kesehatan. Saat sepuh itu membaca doa, belasan orang yang ikut dalam pertemuan itu pun turut mengangkat tangan dan mengamini. 

Pertemuan Lutfi bersama Gus Kautsar dan Kiai Nurul Huda ini berlangsung kurang lebih dua jam. Kunjungan silaturrahim ke pesantren ini merupakan rangkaian safari Lutfi ke beberapa pesantren di Jawa Timur. 

Pada Kamis (12/10/2023), Lutfi juga telah bersilaturrahim ke Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Kabupaten Magetan dan Pondok Pesantren Mojosari Kabupaten Nganjuk. Selain itu,  Lutfi juga sowan kepada Pengasuh Ponpes Al-Amien Ngasinan Kediri, KH Anwar Iskandar yang kini juga menjadi Ketua Umum MUI Pusat.

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement