Jumat 13 Oct 2023 07:13 WIB

Muhammad Luthfi Sowan ke Sejumlah Kiai Pesantren di Jawa Timur

Muhammad Luthfi berdiskusi dengan sejumlah kiai di Jawa Timur.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Pengusaha muslim sekaligus Mantan Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi sowan kepada Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri, KH Nurul Huda Djazuli dan putranya, KH Muhammad Abdurrahman Al Kautsar (Gus Kautsar) pada Kamis (12/10/2023).
Foto: Republika/Muhyiddin
Pengusaha muslim sekaligus Mantan Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi sowan kepada Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri, KH Nurul Huda Djazuli dan putranya, KH Muhammad Abdurrahman Al Kautsar (Gus Kautsar) pada Kamis (12/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Mentan Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi melakukan silaturrahim ke sejumlah pesantren di Jawa Timur, termasuk ke Pondok Pesantren Al-Amien, Rejomulyo, Kediri. Di pesantren ini, ia sowan kepada Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Anwar Iskandar. 

Lutfi bersama rombongannya tiba di pesantren ini sekitar pukul 20.50 WIB. Setelah menunggu beberapa saat, mereka kemudian ditemui oleh Kiai Anwar Iskandar. Dengan hangat, Wakil Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menyambut tamunya yang datang jauh-jauh dari Jakarta. 

Baca Juga

Setelah duduk di ruang pertemuan, Lutfi kemudian menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya adalah untuk belajar sekaligus mau minta didoakan. "Saya mau tanya-tanya sama kiai, mau belajar," ujar Lutfi kepada Kiai Anwar. 

Kiai Anwar sempat menanyakan kabar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Mengingat, Lutfi adalah sahabat Erick Thohir. Karena sudah bersahabat sejak kecil, Lutfi pun langsung menelpon Erick untuk berbincang dengan Kiai Anwar. 

Erick dan Kiai Anwar berbincang cukup lama di telepon, entah apa yang dibahas. Yang jelas, Kiai Anwar sempat terdengar menyinggung soal timnas Indonesia yang baru saja bertanding melawan Brunei dan menang dengan skor 6-0.

"Kalau bola saya nonton," kata Kiai Anwar.

Setelah Erick menelpon, Lutfi dan Kiai Anwar melanjutkan perbincangan mereka. Keduanya membahas berbagai hal yang ada di Indonesia, termasuk tentang situsi terkini politik Indonesia.  

Sebelum mengakiri pertemuan ini, Lutfi tak lupa minta didoakan oleh Kiai Anwar. Setelah Kiai Anwar membaca doa dan mengangkat tangannya, sekitar 10 orang yang ikut dalam pertemuan itu pun turut mengamini. 

"Mohon doanya kiai," kata Lutfi.

Pertemuan Lutfi bersama Kiai Anwar ini berlangsung kurang lebih satu jam. Kunjungan silaturrahim ke pesantren ini merupakan rangkaian safari Lutfi ke beberapa pesantren di Jawa Timur. 

Pada Kamis (12/10/2023), Lutfi seharian bersilaturrahim ke Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Kabupaten Magetan, kemudian lanjut ke Pondok Pesantren Mojosari Kabupaten Nganjuk. Tidak hanya itu, mantan Ketua HIPMI itu juga melakukan silaturrahim ke Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement