Kamis 05 Oct 2023 11:39 WIB

Baznas Bekasi Salurkan Bantuan untuk Pelajar dan Dhuafa di Kabupaten Bekasi

Baznas menyalurkan sebanyak 300 paket Sembako Nyampe Rumah (Senyum).

Rep: Ali Yusuf/ Red: Gita Amanda
Baznas menyalurkan sebanyak 300 paket Sembako Nyampe Rumah (Senyum) untuk membantu warga dhuafa. (ilustrasi)
Foto: Baznas
Baznas menyalurkan sebanyak 300 paket Sembako Nyampe Rumah (Senyum) untuk membantu warga dhuafa. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi kembali menyalurkan bantuan kepada warga dhuafa dan para pelajar tingkat SD, SMP, SMA, dan sederajat di wilayah Kecamatan Kedungwaringin. Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pemberdayagunaan Baznas Kabupaten Bekasi, Aminulloh, mengatakan kegiatan Baznas On The Road tersebut menyalurkan dua program sekaligus, yakni Bekasi Peduli dan Bekasi Cerdas. Di dalamnya, terdapat bantuan sembako dan bantuan pendidikan yang rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun.

Aminullah mengatakan, Baznas sudah melaksanakan Baznas On The Road sejak tahun 2018 hingga saat ini. Hari ini Baznas menyalurkan sebanyak 300 paket Sembako Nyampe Rumah (Senyum) untuk membantu warga dhuafa di Kecamatan Kedungwaringin. 

Baca Juga

"Dengan adanya bantuan sembako ini mudah-mudahan warga yang menerima sembako itu senyum dan menjadi berkah," kata Aminullah melalui keterangan tertulisnya, Kamis (5/10/2023).

Aminullah menjelaskan, program Bekasi Cerdas, di antaranya terdapat bantuan berupa biaya pendidikan dan alat tulis (ATK) untuk menunjang kebutuhan belajar bagi 90 siswa SD, SMP, maupun SMA dan sederajat.

"Untuk program Bekasi Cerdas kita berikan kepada 30 siswa SD/MI, 30 siswa SMP/MTS, dan 30 siswa SMA/MA jadi totalnya 90 siswa. Kami memberikan bantuan biaya pendidikan berupa uang saku sebesar Rp 400 ribu, alat tulis, dan tas untuk pelajar SD, Rp 500 ribu, alat tulis, dan tas, untuk pelajar SMP dan untuk para pelajar SMA mendapatkan uang saku sebesar Rp 700 ribu," jelasnya.

Aminulloh berharap, semakin banyak para dermawan yang berzakat melalui Baznas, mulai dari ASN, swasta maupun elemen masyarakat, agar ke depannya semakin mudah membantu meringankan beban para mustahik secara berkelanjutan. 

Sekretaris Camat Kedungwaringin, Ratna Jatnika menyampaikan, program bantuan dari Baznas Kabupaten Bekasi sudah dua kali di Kecamatan Kedungwaringin pada tahun 2023 ini. 

"Bantuan sembako disalurkan kepada warga dari 7 desa sedangkan bantuan pendidikan diberikan kepada para pelajar yang berasal dari 22 sekolah yang berada di Kecamatan Kedungwaringin. Alhamdulillah kita bersyukur sekali ada perhatian dari Baznas Kabupaten Bekasi, baik untuk siswa maupun masyarakat terutama para lansia," ungkapnya.

Dia berharap, program Bekasi Peduli maupun Bekasi Cerdas dapat berkesinambungan serta dapat berjalan rutin setiap tahunnya. Sehingga, bisa lebih banyak membantu warga yang membutuhkan. "Mudah-mudahan ke depannya lebih baik dan lebih bagus lagi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," harapnya.

Sementara itu ditempat yang sama, salah seorang warga bernama Wati Hartati (59 tahun) mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas bantuan sembako yang telah disalurkan. Menurutnya, program tersebut dapat menjadi manfaat bagi segenap masyarakat. 

"Alhamdulillah banyak-banyak terima kasih sebesar-besarnya, Ibu kan sebagai janda gak ada yang nafkahin dan cuma dagang kecil-kecilan di sini. Intinya harapannya Baznas biar lebih maju dan masyarakat semakin meningkat kesadaran berzakatnya," ujarnya.

 

Ali Yusuf 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement