Rabu 04 Oct 2023 13:19 WIB

JK Sampaikan Dunia Sekarang Penuh Keprihatinan dan Cuaca Sangat Panas

Banyak contoh sederhana seperti bagaimana manusia menghemat air.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Anggota Majelis Hukama Muslimin (MHM) asal Indonesia Profesor Quraish Shihab, Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK), Sekretaris Jenderal MHM Konselor Mohamed Abdelsalam, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Anggota Komite Eksekutif MHM TGB M Zainul Majdi saat membuka Konferensi Agama dan Perubahan Iklim Asia Tenggara 2023 yang diselenggarakan MHM di Jakarta, Rabu (4/10/2023)
Foto:

Menurut JK, tindakan yang perlu dilakukan adalah mengatasi hal yang rusak itu dengan memperbaiki cara hidup yang merusak alam. Banyak contoh sederhana seperti bagaimana manusia menghemat air, lahan dan menghijaukan alam. Mungkin semua harus mempunyai gerakan yang sama dalam menjaga bumi. 

"Indonesia hari ini kembali kita memakai masker, karena Jakarta dan kota-kota di Sumatra dan Kalimantan sudah tidak sehat akibat kebakaran hutan, akibat panas yang keras, dan ini jarang terjadi sama seperti banjir di New York yang tidak pernah terjadi sebelumnya," jelas JK.

JK mengatakan semua itu adalah kejadian yang membuat semuanya mengambil tindakan, bukan sekadar membicarakan. Dalam hal ini, agama sangat penting, karena orang akan lebih taat terhadap agama, dan kadang-kadang lebih taat kepada agama daripada pelanggaran undang-undang.

"Karena itulah pertemuan kali ini ialah bukan lagi seruan tapi tindakan yang nyata dan kita harus lakukan," kata JK.

 

Dalam Konferensi Agama dan Perubahan Iklim Asia Tenggara 2023 dibahas peran agama dalam menghadapi dampak negatif perubahan iklim. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement