Ahad 01 Oct 2023 15:45 WIB

Pengawasan Orang Tua Lindungi Anak Terdampak Kekerasan Digital

Anak harus dibentengi dari kekerasan digital.

Anak-anak bermain layangan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Anak-anak bermain layangan.

REPUBLIKA.CO.ID, SENTANI -- Pemerintah Kabupaten  Jayapura mengharapkan kepada semua orang tua di daerah setempat  agar dapat mengawasi anak-anaknya dari terdampak kekerasan digital.

Penjabat  Bupati Jayapura Triwarmo Purnomo di Sentani, Minggu mengatakan pendidikan moral perlu ditanamkan sejak dini sehingga anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi baik.

Baca Juga

“Sekarang kekerasan berbasis online itu ada, sehingga anak-anak kita perlu didampingi dengan cermat dan mengajarkan mereka bermedia sosial yang baik,” katanya.

Menurut Pj Bupati Triwarno, pengawasan orang tua dalam perkembangan teknologi kini sangat diperlukan sehingga tidak mudah terpengaruh isu-isu negatif dari media sosial (Medsos).

“Anak-anak perlu diajarkan tentang perkembangan teknologi, tetapi harus dalam norma-norma yang baik sehingga tumbuh kembang mereka pun akan baik dalam era digitalisasi kini,” ujarnya.

Kekerasan berbasis online seperti tindakan mengejar secara terus-menerus dengan maksud untuk menakut-nakuti atau mengancam orang lain.

“Termasuk mengirim atau merekam gambar dan video alat tak senonoh secara online tanpa persetujuan,” katanya.

Dia menambahkan di era perkembangan teknologi dengan kemajuan digitalisasi informasi maka pengawasan orang tua diperlukan dan pendidikan harus terpelihara.

“Kunci pengawasan dan pendidikan moral melalui guru-guru agama sangat dianjurkan untuk menanamkan akhlak baik kepada mereka,” ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement