Selasa 26 Sep 2023 22:35 WIB

Kemenag Tingkatkan Kualitas Pelayanan KUA

KUA berada di garda terdepan pelayanan keagamaan untuk masyarakat.

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kementerian Agama (Kemenag) meningkatkan kualitas pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA), di Kabupaten Bolaang Mongondouw Selatan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara H Sarbin Sehe, di Tomini, Selasa, melihat langsung kondisi kantor dan dinamika pelayanan yang dilakukan KUA Pembantu Kecamatan Tomini kepada masyarakat, sekaligus mendengarkan langsung kerinduan masyarakat setempat.

Baca Juga

Kakanwil selama ini masyarakat di dua kecamatan, Posigadan dan Tomini yang terdiri dari 23 desa mendapat pelayanan di KUA Kecamatan Posigadan.

Sementara, jarak antara kedua kecamatan lumayan jauh. Karena itu Camat Tomini bersama perangkatnya berkenan memberikan gedung sementara sebagai KUA Pembantu Kecamatan Tomini karena jarak dari Tomini ke KUA Posigadan lumayan jauh.

Jarak yang jauh ini menyebabkan ada kendala soal pencatatan nikah dan pelayanan lain kepada umat dan masyarakat di Kecamatan Tomini.

Kakanwil berterima kasih dan memberi apresiasi kepada kepada Ibu Camat Tomini Siska Saripi, dan seluruh perangkatnya karena sudah memberikan dan menyediakan gedung dan fasilitas yang layak untuk melayani masyarakat.

Gedung KUA Tomini dipinjamkan oleh Camat, karena KUA Tomini masih dalam proses persiapan pembangunan dan strukturnya.

"Kita berharap strukturnya tidak terlalu lama dan gedung baru segera dibangun demi pelayanan yang maksimal dan berkualitas kepada masyarakat di Kecamatan Tomini", katanya.

Pembangunan KUA Kecamatan Tomini dipandang penting untuk dilakukan karena selama ini masyarakat di Tomini mendapat pelayanan di KUA Posigadan.

Hal ini tentunya berpengaruh pada pelayanan pencatatan nikah dan pelayanan lainnya yang dibutuhkan masyarakat, sehingga Camat Tomini dan Kemenag Bolsel mengambil langkah inisiatif meminjamkan gedung untuk memudahkan pelayanan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement